Pep: Sir Alex Tak Akan Bertahan Lama Di Spanyol

Manchester – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menyampaikan bahwa Sir Alex Ferguson tak mulai bertahan selama 25 tahun seandainya melatih di klub La Liga Spanyol, karena tingginya tekanan.

Sir Alex sudah mengabiskan karir kepelatihannya di klub satu Liga Inggris, Manchester United, selama 25 tahun sebelum pensiun pada awal musim 2012-13 lalu.

Bersama Sir Alex United berhasil memenangkan berbagai gelar juara, termasuk memenangkan 13 kali trofi Liga Inggris dan dua kali trofi juara Liga Champions Eropa.

Kesetian Sir Alex sudah mendapatkan pujian dari berbagai kalangan, namun menurut Pep, Sir Alex tak mulai mampu melatih satu klub selama 25 tahun seandainya di Spanyol.

Pep yg mengawali karirnya di Spanyol dan sempat melatih Barcelona selama empat musim sudah merasakan bagaimana tekanan yg terjadi di La Liga.

Ia menilai di Inggris media tak memberikan tekanan yg tinggi kepada tim ketika membuat kesalahan, berbeda dengan di Spanyol kesalahan kecil pun mulai dipublis.

“Saya mengerti bagaimana sepak bola di Inggris, Anda dapat tinggal mungkin 20 tahun di satu tempat,” kata Pep dikutip dari FourFourTwo.

“Di sini, selama seminggu, aku tak melihat para wartawan. Kami memiliki banyak persoalan di klub. Kadang-kadang kalian harus bersikap keras dengan para pemain di ruang ganti dan tak ada yg dipublis oleh media,” tambahnya.

“Alex Ferguson 25 tahun di Barcelona seperti waktu di United, aku tak tahu apakah ini mungkin. Anda tahu kenyataannya di sana (Spanyol) seluruh sesuatu yg terjadi terus muncul di media,” ujarnya.

“Saya pikir di sini (Inggris) lebih nyaman. Selalu Anda memiliki tekanan. Jika semua sesuatunya tak berjalan dengan baik, Anda mulai dipecat, tapi itu bukan masalah. Cara kita berlatih, pusat pelatihan nyaman, bersifat pribadi dan rahasia,” ia memungkasi.
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin