Rugikan Milan, AIA Tak Beri Hukuman Kepada Fabbri

Milan – Asosiasi Wasit Italia (AIA) tak menjatuhkan sanksi kepada wasit Michael Fabbri terkait keputusan kontroversial pada laga Juventus versus AC Milan. Fabri cuma diminta memperbaiki performanya dalam memimpin pertandingan.

Dalam pertandingan yg berkesudahan 1-2 untuk kemenangan Juve di Allianz Stadium Turin, Minggu (7/4/2019) dini hari WIB, kepemimpinan wasit Michael Fabbri menuai kritikan tajam. Sejumlah keputusan Fabbri dianggap menguntungkan tuan rumah.

Di babak pertama, bola umpan silang Davide Calabria dari sayap kanan mengenai tangan kanan Alex Sandro yg melakukan blocking di area penalti. Sempat meninjau kejadian tersebut lewat tayangan VAR, Fabbri menyatakan Alex Sandro tak melakukan handball.

Keputusan Fabbri memberikan penalti kepada Juventus menyusul terjatuhnya Paulo Dybala ketika berebut bola di area penalti juga diprotes pemain Milan.

Dalam meeting mingguan Lega Serie A Italia, Senin (8/4/2019) waktu setempat, perwakilan AIA telah meminta maaf secara segera kepada pelatih Milan, Gennaro Gattuso, dan Direktur Milan, Leonardo, atas keputusan Fabbri yg merugikan I Rossoneri.

Nicola Rizzoli, perwakilan AIA, mengakui ada kesalahan yg dibuat Fabbri. Namun demikian, AIA tak mulai menarik Fabbri dari Serie A Italia, karena berharap sang wasit mampu belajar dari pengalaman tersebut.

“90 persen eror yg kalian identifikasi berasal dari (pemberian) tendangan penalti dan handball,” ujar Rizzoli.

“Kami juga telah menjelaskan apa yg kita lakukan di meeting wasit. Profesionalisme lebih diperlukan dan bukan berarti hanya kemampuan wasit dan VAR. Kami perlu memakai personel kita lebih profesional.”

“Kami tak membicarakan pertandingan minggu ke-31 di meeting ini. Tidak mulai ada wasit yg ditarik. Wasit yg kita pekerjakan harus fit dan kalian harus dapat mengurusi merekla. Tidak ada kata ‘berhenti’ yg terucap.”

“Fabbri harus berkembang, tapi ia milik potensi luar biasa. Pengalaman adalah hal krusial dan itu yg didapat lewat kesalahan. Saya lebih mawas diri setelah membuat kesalahan. Anda dapat dewasa dengan cara ini,” ia memungkasi.[rza]

Sumber: Football-Italia
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin