Wenger Jadi Trending Usai Umumkan Pengunduran Diri

Jakarta – Setelah 22 tahun menukangi Arsenal, Arsene Wenger akhirnya mengumumkan mulai mundur pada akhir musim ini. Warganet pun banyak memperbincangkannya, Wenger pun jadi trending topic di lini masa Twitter.

Di tahun 1996, Arsne Wenger mengambil alih posisi pelatih di Arsenal dari tangan Bruce Rioch yg cuma semusim menangani klub yg berbasis di Islington, London, Inggris.

Sejak itu, pria kebangsaan Prancis berhasil melakukan revitalisasi dan membawa Arsenal ke puncak performa, termasuk menjuarai tiga gelar Liga Premier Inggris, tujuh Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Selain itu, Arsenal di bawah asuhan Wenger pernag membuat catatan sensasional 49 laga tanpa tersentuh kekalahan (Invicible) di musim 2003-04.

Namun, dalam kurun waktu 10 musim terakhir Wenger selalu diserang karena performa Arsenal semakin menurun. Fans pun ramai-ramai menyuarakan ‘Wenger Out’ sebagai bentuk kekecewaan melihat klub yg minim prestasi.

Jumat (20/04/2018), pelatih 68 tahun akhirnya menetapkan buat mundur dari jabatan pelatih Arsenal di akhir musim ini. Lewat siaran pers yg diunggah di situs resmi Arsenal, Wenger menjelaskan keputusan tersebut dibuat setelah melakukan diskusi dengan tim.

“Setelah mempertimbangkan semuanya secara cermat dan melakukan diskusi dengan klub, aku merasa ini saatnya bagi mundur (dari posisi pelatih). Saya bersyukur sudah melewati waktu istimewa ketika bekerja bagi klub di tahun-tahun yg luar biasa, ” tulis Wenger.

Hingga minggu ke-34 Liga Premier Inggris 2017-18, Arsenal masih berada di peringkat enam, berselisih 14 poin dari Tottenham Hotspur yg berada di peringkat empat, zona terakhir Liga Champions Eropa.

Wenger berpeluang mempersembahkan satu gelar juara yg mulai jadi kado perpisahan manis, tim Gudang Peluru berhasil lolos ke semifinal Liga Europa dan mulai menghadapi Atletico Madrid.

Bila dapat menjuarai Liga Europa ini mulai jadi gelar Eropa perdana Wenger dan terakhir sebagai pelatih Arsenal sekaligus meloloskan Mesut Ozil dkk ke fase grup Liga Champions Eropa musim depan.

Keputusan Wenger buat mundur di akhir musim ini menjadi pembicaraan warganet di jejaring media sosial Twitter. Nama “Wenger” pun bercokol di posisi kedua sebagai trending topic yg dicuitkan lebih dari 279 ribu kali di bawah kata “Arsenal” .

Salah satu legenda Manchester United, Gary Neville, menuliskan kata-kata tribut emosional buat Wenger di Twitter.

Arsene Wenger sudah membangun tim terbaik yg pernah aku lawan di sepakbola Inggris. Tim (tahun) 98 itu sungguhlah hebat. Pujian terbesar (untuk Wenger) adalah dia memainkan sepakbola dengan suatu cara yg kemudian membuat kami mengubah cara kalian memainkannya. Dia pantas bagi mendapatkan penghormatan menjelang pensiunnya,” tulis Gary Neville.

Akun resmi Liga Premier Inggris pun mencuitkan data statistik prestasi Wenger selama memimpin Arsenal di Liga Premier.

Arsene Wenger’s all-time #PL record: P – 823 W – 473 D – 199 L – 151 Win % – 57.5, ” cuit @premierleague.
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin