Gara-Gara VAR, Wasit Italia Diancam Dibunuh

Roma – Tiga orang anggota Asosiasi Wasit Italia mendapat ancaman pembunuhan dari orang tak dikenal yg tak setuju dengan penggunaan VAR.

Ancaman pembunuhan tersebut berupa amplop surat berisikan peluru yg dikirimkan kepada wasit Marcelo Nicchi, Wakil Presiden Asosiasi Wasit Italia, Narciso Pisacreta, dan wasit penyelia, Nicola Rizzoli.

Polisi masih selalu menginvestigasi ancaman tersebut, termasuk mencari tahu motif dari pengiriman benda-benda tersebut.

Belum lama ini, Nicchi merujuk pernyataan seorang jurnalis televisi yg menyebut wasit di Italia akan menabuh genderang perang dengan para fans menyusul sejumlah keputusan kontroversial mereka.

Penggunaan VAR dalam pertandingan Liga Seri A Itali akan musim ini diklaim menjadi salah satu pemicunya. Teknologi tersebu dianggap malah menimbulkan kontroversi karena dapat mempengaruhi kepetusan sang pengadil lapangan.

“Ada seorang jurnalis yg mengatakan: ‘Mereka (para wasit) telah mendeklarasikan perang pada fans dan dalam perang Anda tak butuh peluit, Anda harus menembak. Anda harus menembak wasit-wasit dan tak membiarkan mereka memimpin pertandingan,” ujar Nicchi.

“Jadi, inilah konsekuensinya,” ia melanjutkan.

Bulan lalu, ratusan fans Lazio melakukan aksi demonstrasi di depan kantor pusat Asosiasi Sepakbola Italia, Mereka mengklaim tim mereka menjadi korban keputusan kontroversial wasit dan VAR musim ini.

Meskipun penggunaan VAR di sejumlah liga top Eropa masih menuai banyak kecaman, FIFA menetapkan mulai tetap memakai teknologi tersebut digelaran Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sumber: BBC
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin