Tak Mampu Lunasi Utang AC Milan Disita

Milan – Badan investasi Amerika Serikat, Elliot Management, menyita AC Milan setelah pemilik sekaligus presiden klub, Li Yonghong, gagal melunasi utang.

Li mengakuisisi Milan dari Fininvest, perusahaan punya Silvio Berlusconi, pada April 2017 melalui Rossoneri Sport Investment Lux dengan berutang hingga 303 juta Euro pada Elliot Management.

Total, Li harus mengembalikan 380 juta Euro telah termasuk bunga. Sebagian besar utang tersebut harusnya dikembalikan Juni dahulu sedangkan sisanya pada Oktober 2018.

Namun, pengusahan yang berasal Tiongkok tersebut gagal membayar utangnya bulan lalu. Selain itu, ia juga tidak membayarkan dana sebesar 32 juta Euro yg digunakan buat menaikkan modal Il Diavolo Rosso.

Sebagai konsekuensinya, aset Milan disita Elliot Management termasuk mengambil alih kepemilikan perusahaan induk Milan, Rossoneri Sport Investment Lux.

Elliot Management mengambil langkah tersebut sebagai upaya menstabilkan neraca keuangan Milan sesuai aturan Financial Fair Play (FFP).

“Kepemilikan dan kendali perusahaan induk yg memiliki AC Milan hari ini sudah dialihkan ke Elliot Advisores (UK) Limited (‘Elliot”),” demikian bunyi pernyataan resmi Elliot.

“Transfer ini terjadi sebagai akibat dari langkah yg diambil bagi menjalankan hak jaminan Elliot setelah pemilik AC Milan sebelumnya gagal melunasi utang ke Elliot.”

“Dukungan finansial, Stabilitas, dan pengawasan, yg tepat adalah prasyarat yg dibutuhkan buat kesuksesan di atas lapangan dan pengalaman fans kelas dunia.”

“Elliot bersiap menghadapi tantangan bagi mewujudkan potensi klub dan mengembalikannya ke jajaran top Eropa,” akhir isi pernyatan Elliot.

Akibat persoalan finansial, Milan mendapat sanski dari UEFA merupakan larangan bermain di kancah Eropa selama dua musim akibat menyalahi aturan FFP. Artinya, I Rossoneri terancam batal tampil di Liga Europa 2018-19.

Milan telah mengajukan banding ke Komite Arbitrase Olahraga (CAS) yg baru mulai diketahui keputusannya pada 19 Juli mendatang.

Sumber: Goal
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin