VAR Sudah Lakukan 16-18 Kesalahan Di Liga Italia

Milan – Penggunaan VAR masih menimbulkan kontroversi, setidaknya ada belasan kesalahan yg dibuat teknologi tersebut di Liga Seri A Italia.

VAR bagi pertama kalinya dipakai di Liga Italia musim ini. Belum genap semusim, teknologi tersbeut menuai banyak kecaman dari banyak pihak terutama tim yg mengklaim dirugikan.

Belum lama ini, ratusan fans Lazio melakukan aksi demonstrasi di depan kantor pusat Federasi Sepakbola Italia (FIGC) karena tim mereka beberapa kali dirugikan akibat penggunaan VAR.

Tak sampai disitu, beberapa anggota Komite Wasit Italia juga sempat mendapat ancaman pembunuhan yg dikirim oknum fans yg kecewa penerapan VAR di Italia.

Anggota Komisi Wasit Italia, Nicola Rizzoli, tidak memungkiri VAR mulai menimbulkan kontradiksi. Di satu sisi, ditujukan buat mengurangi kesalahan wasit dalam mengambil keputusan tapi tidak menutup kemungkinan menimbulkan kontroversi.

“Mengesampingkan minggu ini, aku berharap tak berlanjut, faktanya VAR sejauh ini telah membuat 16-18 kesalahan,” kata Rizzoli kepada Skysport Italia.

“Teknologi tidak menjamin Anda terhindar dari kesalahan, itu tak mungkin. Tujuannya adalah bagi mengurangi jumlah kesalahan,” ia menambahkan.

Lebih lanjut, Rizzoli menyampaikan pemakaian VAR di Liga Italia telah melewati tahapan persiapan, termasuk SDM dan pelatihan kepada wasit.

“Kami mengikuti protokol internasional yg sangat ketat buat mengeliminasi perdebatan sebuah insiden sebanyak mungkin,” pungkasnya.

Sumber: Football-Italia
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin