Barca Gasak Real Madrid 3-0

Madrid – Barcelona meraih kemenangan 0-3 atas Real Madrid di laga El Clasico. Hasil tersebut membuat El Barca kini unggul 14 poin dari Madrid.

Bermain di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017) malam WIB, Barca mendominasi jalannya pertandingan dengan ball possessoin 56 persen berbanding 44 persen. Barca lebih banyak mengurung pertahanan El Real, serangan balik yg dilancarkan Madrid kerap putus ketika memasuki area sepertiga permainan lawan.

Barca total melepaskan 16 shots, 12 diantaranya mengarah ke gawang sedangkan Madrid cuma lima kali melakukan shots on goal yg masih dapat diantisipasi kiper Marc-Andre Ter Stegen.

Madrid mengambil inisiatif menyerang di menit awal laga, menit ketiga gawang Barca bergetar. Operan Toni Kroos kepada Casemiro dahulu diteruskan kepada Cristiano Ronaldo yg kemudian membobol gawang Ter Stegen. Tetapi, gol dianulir wasit karena adanya offside dalam proses terjadinya gol.

Tuan rumah masih menekan Barca sampai menit kesepuluh, Ronaldo gagal meneruskan umpan matang dari Kroos di area penalti. Berdiri bebas, kaki Ronaldo sama sekali tak mengenai bola.

Barca baru dapat keluar dari tekanan Madris selepas menit ke-20. Peluang bagus pertama tim tamun didapat Paulinho. Mendapat operan dari Lionel Messi, Paulinho menyontek bola. Tetapi, bola masih dapat ditepis Keylor Navas.

Tak lama berselang, giliran Madrid yg mengancam gawang Barca. Ter Stegen bisa membelokkan arah bola sepakan Ronaldo dari sisi gawangnya.

Menit ke-34, Ronaldo lolos dari jebakan offside. Ia berlari mendekati area penalti Barca kemudian memberikan bola ke tengah ke arah Benzema yg dikawal Gerard Pique dan Ivan Rakitic, skema ini akhirnya tidak membuahkan apa-apa.

Barca hampir saja membuka keunggulan di menit ke-39. Bola sundulan Paulinho ke pojok bawah gawang Madrid tetapi masih mampu ditepis Navas.

Tiga menit kemudian giliran Madrid gantian menebar ancaman. Benzema membelokkan umpan silang, tapi bola sundulannya masih digagalkan tiang gawang. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Di awal babak kedua, Barca bermain lebih agresif. Penetrasi Suarez di menit ke-48 masih dapat dihentikan oleh Navas. Lima menit berselang, penetrasi Jordi Alba dari sayap kiri diakhiri umpan silang mendatar ke tengah kotak penalti, disitu ada Suarez yg membelokkan bola. Untung buat Madrid bola masih mampu ditangkap dengan baik oleh Navas.

Publik tuan rumah terhenyak di menit ke-54. Berawal dari solo run Rakitic dari tengah lapangan, dia masuk ke area penalti kemudian memberikan operan kepada Sergio Roberto di sisi kanan, dia melepaskan umpan mendatar ke tiang jauh. Suarez yg tanpa pengawalan tanpa cela menaklukkan Navas dengan sepakan kaki kanan, skor 0-1 untuk Barca.

Tertinggal satu gol, Madrid berusaha keluar dari tekanan. Mereka lebih banyak melakukan serangan dari sisi sayap kiri yg diisi Marcelo. Beberapa kali bola umpannya kepada Ronaldo dan Benzema masih dapat diantisipasi bek Barca.

Petaka untuk Madrid terjadi di menit ke-63, Suarez mendapat umpan terobosan yg membuatnya berhadapan satu lawan satu dengan Navas, usahanya masih dapat diblok, bola rebound mencoba diteruskan Paulinho dengan sundulan. Dani Carvajal mencegah bola masuk ke gawang dengan tangannya. Wasit segera memberikan kartu merah dan memberikan penalti. Messi yg maju sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut buat menjadikan skor 0-2.

Tertinggal dua gol serta harus bermain dengan 10 orang membuat Madrid semakin tertekan. Alur serangan mereka kerap dengan gampang digagalkan pemain bertahan Barca. Masuknya Gareth Bale menggantikan Kovacic juga belum banyak memberikan dampak signifikan.

Bale sekali melepaskan sepakan on target di menit ke-79, namun kirimannya dari luar kotak penalti masih mampu ditangkap dengan baik oleh Ter Stegen.

Menit ke-81, Sergio Ramos menguji Ter Stegen dari jarak dekat. Sepakan kaki kiri Ramos masih mampu diblok Ter Stegen dan cuma menghasilkan sepak pojok. Tak berselang lama, Ramos kemudian melewatkan bola sodoran dari Ronaldo di area penalti.

Memasuki masa injury, serangan Barca belum surut. Hasilnya, mereka dapat tidak mengurangi gol di menit ke-93. Messi berperan dalam terciptanya gol ketiga, The Messiah memberikan assist kepada Aleix Vidal bagi membobol gawang Madrid dari jarak dekat.

Hingga peluit akhir skor 0-3 buat keunggulan Barca tidak berubah. Dengan hasil ini Barca melanjutkan tren tidak terkalahkan serta memperkuat posisi mereka di puncak klasemen. Skuad asuhan Ernesto Valverde mengemas nilai 45 dari 17 pertandingan, atau unggul 14 poin dari Madrid di posisi empat yg baru bermain 16 kali.

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas, Carvajal (KM 63′), Varane, Ramos, Marcelo, Casemiro (Asensio 72′), Modric, Kroos, Kovacic (Bale 72′), Ronaldo, Benzema (Nacho 66′)

Barcelona: Ter Stegen, Roberto (Vidal 90′), Pique, Vermaelen, Alba, Busquets, Rakitic, Iniesta (Semedo 77′), Paulinho (Gomes 84′), Messi, Suarez
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin