Menangi El Clasico, Barca Masih Jauh Dari Juara

Madrid – Ernesto Valverde sempat was-was melihat penampilan Barcelona di babak pertama. Dia menyebut kunci kemenangan Barca di El Clasico ada di paruh kedua.

Bertamu ke Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017) dini hari WIB, permainan Barca di babak pertama tidak begitu berkembang. Real Madrid lebih banyak melakukan tekanan. Bahkan, tuan rumah sebenarnya dapat mencetak gol di menit awal tapi dianulir wasit karena Cristiano Ronaldo dalam posisi offside.

Di penghujung babak pertama, gawang Barca selamat dari ancaman tuan rumah. Sundulan Karim Benzema membelokkan umpan silang masih membentur tiang gawang.

Situasi berbeda terjadi di paruh kedua, Barca dapat mendominasi jalannya pertandingan. Walhasil, mereka bisa mencetak tiga gol yg diawali gol Luis Suarez di menit ke-54.

Petaka buat Madrid, Dani Carvajal harus diusir keluar lapangan setelah dengan sengaja menghentikan bola sundulan Paulinho memakai tangan di depan gawang El Real.

Lionel Messi yg mengambil tendangan penalti bisa menaklukkan Keylor Navas dan menjadikan skor 0-2 di menit ke-64. Los Blaugrana menutup kemenangan 0-3 berkat gol pemain pengganti Aleix Vidal yg meneruskan operan Messi.

“Kami memiliki persoalan di babak pertama karena tingginya pressing mereka, jadi kalian harus bermain sabar dan membuat kalian tak dapat leluasa menguasai bola,” ujar Valverde usai pertandingan.

“Di babak kedua, kita mengontrol permainan dan menguasai bola, dari sini lahirnya peluang-peluang kita dan penalti yg membuat mereka harus bermain dengan 10 orang,” dia menambahkan.

Dengan kemenangan tersebut, Barca semakin jauh meninggalkan El Real. Saat ini, Messi dkk masih kokoh di puncak klasemen dengan mengemas nilai 45 dari 17 pertandingan atau unggul 14 poin dari Madrid di posisi empat yg baru bermain 16 kali.

Kendati demikian, Valverde tidak mau terlalu dini menyebut timnya diambang juara La Liga.

“Saya tak berpikir satu kaki kita berada di tangga juara liga, padahal kalian belum menuntaskan paruh musim. Masih ada dua pertandingan lagi di paruh pertama,” dia memungkasi.

Sumber: Football-Espana
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin