Tiga Pemain Penting Di Balik Laju Impresif Barca

Barcelona – Barcelona tampil luar biasa setidaknya hingga minggu ke-17 La Liga 2017-18. Ada tiga pemain utama di balik laju impresif El Barca, siapa saja mereka?

Barca belum terkalahkan dalam 17 pertandingan liga yg telah dilewati, mereka membukukan 14 kemenangan serta tiga hasil imbang. Mereka masih kokoh di puncak klasemen dengan mengemas nilai 45 atau berjarak sembilan poin dari Atletico Madrid di posisi dua.

Sedangkan, mereka berselisih 14 poin dari Real Madrid yg baru bermain 16 kali. Hal itu didapat setelah Los Blaugrana menang meyakinkan 3-0 di El Clasico akhir minggu kemarin.

Catatan mengilap Barca tidak sampai disitu, mereka jadi tim paling produktif dengan total 45 gol telah dicetak sejauh ini serta gawang mereka baru kemasukan tujuh kali, paling sedikit dari klub lainnya di La Liga.

Laju impresif Barca musim ini tidak dapat lepas dari tiga nama utama dalam skuad asuhan Ernesto Valverde. Mereka adalah Lionel Messi, Ivan Rakitic serta kiper Marc-Andre Ter Stegen.

Messi menjadi pemain yg tidak tergantikan, dia terus bermain penuh dalam 17 laga Barca di liga sejauh ini. Penyerang 30 tahun menyumbang 15 gol dari 45 gol yg telah dicetak El Barca, atau 33,3 persen dari gol Los Blaugrana lahir dari kaki dan kepalanya.

Peran Ter Stegen di bawah gawang perlu diacungi jempol. Musim lalu, kiper timnas Jerman berhasil meraih penghargaan Zamora karena jumlah kemasukan paling sedikit. Musim ini, dia baru kemasukan tujuh gol. Pesaing terdekatnya adalah kiper Atletico, Jan Oblak, yg telah kemasukan delapan gol.

Satu nama yg tidak mampu dikesampingkan adalah Ivan Rakitic. Perannya sangat vital di lini tengah Barca, gelandang 29 tahun bisa menghadirkan keseimbangan baik dalam menyerang dan bertahan.

Dicatat dari Whoscored, Rakitic telah membuat tiga assists dari 16 penampilannya di liga. Dia juga milik persentase akurasi operan hingga 90,3 persen, melepaskan minimal satu shots per pertandingan, serta dapat memenangkan satu duel udara per laga.

Statistik Rakitic berbeda sedikit dengan Sergio Busquets yg kerap jadi tandemnya di lini tengah. Bedanya, Rakitic milik menit bermain lebih banyak daripada Busquets.

Dengan keunggulan poin yg cukup jauh dengan para pesaingnya, menarik dinantikan apakah Valverde mulai memberikan tiga pemain tersebut waktu istirahat atau selalu memainkannya di paruh kedua musim.

Sumber: Marca
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin