Menpora Apresiasi Perkembangan Petanque Di Indonesia

Tabanan – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku sangat mengapresiasi perkembangan petanque di Indonesia mengingat cabang olahraga ini kehadiran di Tanah Air belum begitu lama dibandingkan yg lain.

Pernyataan orang nomor satu di Kemenpora itu disampaikan di sela penutupan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Petanque 2017 di Lapangan Petanque Debes, Tabanan, Bali, Jumat malam.

“Kejurnas ini sangat utama bagi menjadi tolak ukur perkembangan petanque di Indonesia. Apalagi cabang ini juga mulai dipertandingkan di PON 2020 Papua,” kata Menpora Imam Nahrawi.

Menpora berharap pihak terbaik selalu mempublikasikan keberadaan cabang olahraga ini termasuk melalui media sosial. Selain itu pengurus pusat diharapkan pro aktif bagi selalu mengembangkan cabang olahraga ini.

“Saya harap para peserta memanfaatkan sosmed buat mempublikasikan kejurnas ini agar muncul atlet penerus yg berkeinginan menjadi atlet berprestasi,” kata pria yg akrab dipanggil Cak Imam itu.

Meski belum lama hadir di Indonesia, petanque terbilang perkembangannya cukup pesat. Saat ini cabang olahraga yang berasal Prancis ini telah berkembang di 21 provinsi yg ada di Tanah Air. Bahkan, Indonesia telah mampu bersaing pada kejuaraan internasional yg diantaranya SEA Games 2017.

Khusus buat Kejurnas 2017, tak segala provinsi mengirimkan wakilnya karena ada dua pengprov yg absen merupakan Maluku Utara dan Sulawesi Tenggara. Hanya saja bagi jumlah peserta menembus angka 219 peserta yg turun di 13 nomor.

Adapun peserta kejurnas ini diantaranya berasal dari Aceh, Banten, DKI Jakarta, Yogjakarta, Jawa Timur, Jambi, Papua, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Provinsi Jawa Barat dipastikan menjadi juara umum karena perolehan emasnya tak mungkin terkejar oleh kontingen provinsi yang lain merupakan empat emas dan satu perak. Piala kemenangan bahkan diserahkan secara segera oleh Menpora Imam Nahrawi.

Setelah memberikan piala kemenangan, Menpora Imam Nahrawi didampingi Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Petanque Indonesia Caca Isa Saleh menutup kejurnas yg ditandai dengan pelepasan burung.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin