Menpora Ingin Senam Poco-poco Lebih Mendunia

Jakarta (ANTARA Newa) – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berharap senam poco-poco lebih mendunia, terlebih peluang mengenalkan salah satu budaya olahraga Indonesia itu terbuka di antaranya melalui Asian Games 2018.

“Pada 2018 kalian menjadi tuan rumah Asian Games. Saya ingin, nanti poco-poco tak cuma memecahkan rekor, tetapi harus mampu dikenal dunia. Siapa pun yg berkunjung ke Indonesia dan balik ke negaranya mereka telah hafal gerakan senam poco-poco,” kata Menpora Imam Nahrawi dalam keterangannya kepada media di Jakarta, Sabtu.

Senam poco-poco ketika ini memang selalu digalakkan keberadaannya yg salah satunya melalui Lomba Senam Poco-Poco Nusantara Tingkat Nasional IV di Mahaka Square, Sport Mall, Jakarta buat memperebutkan piala Ibu Negara dan Menpora.

Pembukaan kejuaraan ditandai dengan pelemparan bola yg dikerjakan oleh Menpora yg didampingi penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemenpora, Shobibah Rohmah, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta hingga Ketua FOKBI Sapta Nirwandar.

Adapun peserta kejuaraan poco-poco bergengsi ini adalah perwakilan dari beberapa provinsi di Indonesia seperti Banten, Kalimantan Selatan, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. Selain itu dari instansi pemerintah maupun BUMN.

Menpora menegaskan, Indonesia akan Sabang sampai Marauke memiliki banyak keanekaragaman, termasuk dalam seni dan budaya. Untuk itu semuanya harus digali dipromosikan agar menjadi produk dunia.

“Dan siapapun di belahan dunia ini mengerti, memahami bahkan ingin menjadi bagian dari Indonesia. Karenanya, kami tak cuma berkreasi dan memperlombakan poco-poco semata tapi kami harus tunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar yg kaya keanekaragaman, budaya, bahasa, suku dan sebagainya yg diberikan oleh para pahlawan kita,” kata pria yang berasal Bangkalan Madura itu.

Sementara itu Ketua Pelaksana Lomba Senam Poco-Poco Nusantara 2017 yg juga Sekjen FOKBI, Darminto, mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora dan juga Dharma Wanita Kemenpora yg telah mempromosikan senam poco-poco.

“Lomba Senam Poco-Poco Nusantara Tingkat Nasional ke-6 ini diikuti oleh 2000 peserta dari berbagai provinsi. Kami bersyukur program ini didukung penuh oleh Ibu Negara dan beliau juga berharap senam ini dapat memecahkan Guiness Book of Records atau rekor dunia,” katanya.


Terdapat enam kategori dalam perlombaan ini, yg terdiri dari dua buat Senam Poco-Poco Nusantara Kreasi dan empat buat Senam Poco-Poco Marathon. 

Enam Poco-poco Kreasi dibagi menjadi 2 kelompok yakni profesional dan umum yg memperebutkan Piala Ibu Negara sedangkan Senam Poco-Poco Marathon mulai memperebutkan Piala Menpora, juga hadiah uang pembinaan.

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin