OCA Fokus Persiapan Asian Games Selepas AIMAG

Jakarta – Dewan Olimpiade Asia (OCA) akan memfokuskan perhatian mereka dalam persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, pada 18 Agustus – 2 September 2018, setelah penyelenggaraan Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) ke-5 di Turkmenistan.

“Seluruh Asia tengah mempersiapkan diri bagi Asian Games ke-18 dan kita percaya penyelenggaraannya mulai sukses. Meskipun ada sejumlah tantangan yg harus dihadapi Indonesia kurang dari satu tahun jelang penyelenggaraan, mereka bisa melaluinya berkat kerja sama dan kolaborasi antara OCA dengan Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC),” kata Direktur Jenderal OCA Husain Al Musallam dalam situs resmi OCA yg dipantau Antara di Jakarta, Rabu.

Husain meyakini Asian Games 2018 mulai menampilkan standard baru terkait fasilitas, infrastruktur, dan penggunaan teknologi maju buat mendukung pertandingan-pertandingan baik di arena renovasi kompleks Gelora Bung Karno Senayan Jakarta maupun kompleks olahraga Jakabaring, Palembang.

“Sebagaimana biasanya, kita mulai menciptakan lingkungan dan keadaan terbaik untuk para atlet agar mereka mencapai penampilan terbaik,” ujarnya.

OCA memuji penyelenggaraan pesta multi-cabang AIMAG ke-5 yg berlangsung di kota Ashgabat pada 17-27 September 2017 karena kejuaraan itu bisa mengantarkan atlet-atlet Asia meraih rekor dunia.

“Kami mengharapkan lebih banyak lagi rekor dunia yg terpecahkan dalam Asian Games guna melanjutkan peningkatan standard prestasi di semua benua,” ujar Husain.

OCA juga menaruh harapan tinggi terhadap kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 setelah tiga kali kejuaraan multi-cabang olahraga tingkat Asia juga berhasil digelar secara sukses sejak September 2016.

Tiga kejuaraan multi-cabang olahraga tingkat Asia yg berada di bawah pengelolaan OCA itu adalah Asian Beach Games ke-5 di Danang, Vietnam, pada September 2016, Asian Winter Games ke-8 di Sapporo, Jepang, pada Februari 2017, dan AIMAG ke-5 di Ashgabat, Turkmenistan, pada September 2017.

OCA mencatat 7.356 atlet sudah berpartisipasi dalam 48 cabang olahraga pada Asian Beach Games ke-5, Asian Winter Games ke-8, dan AIMAG ke-5 itu. Tingkat partisipasi itu menjadi rujukan untuk OCA dalam perluasan kesempatan kepada para atlet Asia buat mewakili negara mereka pada berbagai cabang olahraga.

Lebih dari 10 ribu atlet dan 5.000 ofisial dari 45 negara Asia mulai berpartisipasi dalam 462 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga Asian Games 2018.

“Sekali lagi, Asian Games mulai mempertemukan para pemuda Asia dalam sebuah perayaan olahraga tingkat elit yg menjunjung nilai-nilai persaudaraan, mempromosikan perdamaian, toleransi, dan saling memahami,” ujar Husain.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin