Panitia Pastikan Kendaraan IOX Siap Jelajahi Sulawesi

Jakarta – Panitia pelaksana Indonesia Offroad Extreme (IOX) Celebes 2017 memastikan kendaraan peserta ekspedisi bersiap bagi menjelajah hutan dari Kendari menuju Makassar, 7-21 Oktober karena sebelumnya sudah dikerjakan pemeriksaan.

Penanggung jawab pemeriksaan kendaraan (Scrutineering) IOX, TB Adhi dalam keterangannya di Jakarta, Senin menyampaikan pihaknya memberlakukan aturan yg ketat terkait dengan kendaraan mengingat jalur yg dilintasi pada ekspedisi ini cukup sulit bahkan ada yg belum terbuka.

“Scrut wajib dalam event IOX karena bagi memastikan kendaraan peserta layak dan bersiap menjalani track super ekstrim. Panitia tak mau ambil resiko peserta yg tak layak diijinkan mengikuti event sekelas IOX karena seandainya bermasalah mulai menyusahkan peserta maupun kelancaran secara keseluruhan,” katanya.

Pemeriksanaan kendaraan yg digunakan khususnya yg berasal dari Jakarta sudah dilakukan. Ada 71 kendaraan offroad dan 40 kendaraan offroad super ekstrim IOX yg sudah menjalani pemeriksaan. Sisanya sekitar 31 kendaraan dari luar dan Jakarta mulai mulai dikerjakan pemeriksanaan di Kendari.

Dari hari pemeriksaan yg dilakukan, kata TB Adhi, ada empat kendaraan yg tak memenuhi syarat terutama berat kendaraan. Namun, pihaknya panitia mulai melakukan pemeriksaan ulang ketika di Kendari. Pemeriksaan sendiri dikerjakan oleh tim yg ahli dibidangnya.

“Meski pemeriksaan ketat telah dilakukan, bukan jaminan peserta tak mulai bermasalah di track karena kerusakan juga dipengaruhi oleh gaya peserta membawa kendaraan 4X4 dan juga keadaan tracknya sendiri,” pria yg juga seorang offroader itu.

TB Adhi menjelaskan, pemeriksaan kendaraan yg digunakan memang berbeda. Khusus bagi kendaraan IOX, pemeriksaan dinilai lebih gampang karena mayoritas peserta telah mengikuti event IOX sebelumnya sehingga peserta telah mengetahui apa yg disiapkan.

“Panitia sebelumnya telah memberikan panduan tertulis apa saja yg harus disiapkan dan mulai diperiksa,” katanya menegaskan.

Secara umum, TB Adhi menyatakan bahwa mayoritas segala peserta telah bersiap buat start dari Kendari buat memulai petualangan penjelajahan bumi Sulawesi yg telah lama dinanti peserta IOX. Sesuai dengan rencana seluruh kendaraan mulai dikirim ke Kendari, 25 September.

(T.B016/S027)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin