Peserta IOX Dapat Tantangan Ekstrem Diperbatasan Sulteng-Sulsel

Jakarta – Peserta offroad Indonesia Offroad Expedition (IOX) 2017 Celebes mendapatkan tantangan ekstrem di perbatasan Sulawes Tenggara dan Sulawesi Selatan sehingga beberapa peserta tak dapat melanjutkan kejuaraan bergengsi ini.

Berdasarkan data dari media officer IOX yg diterima media di Jakarta, Kamis, tantangan ekstrem ini berada di dataran tinggi Koroni, Sulawesi Tenggara. Kendaraan peserta masuk jurang sedalam 20 meter. Hal tersebut terjadi karena medan yg dilalui cukup berat.

 “Ada satu peserta yg mengalami cedera. Tapi segera mendapatkan perawatan. Untuk kendaraannya baru mampu dievaluasi satu hari berikutnya,” kata media officer IOX, Don Seco.

IOX 2017 Celebes mengambil start dari Routa, Sulawesi Tenggara, ketika dilepas Walikota Kendari, Asrun, jumlah peserta pada kegiatan ini adalah 69 kendaraan offroad, 12 service car, lima kendaraan media, 10 kendaraan overland (wisata offroad) serta 48 motor offroad.

Selama perjalanan akan start, selain satu kendaraan yg tertahan karena masuk jurang, juga ada satu kendaraan roda dua yg juga terhenti langkahnya karena mengalami kecelakaan. Hal tersebut terjadi karena medan yg dilalui cukup sulit. Peserta ini bahkan segera diterbangkan ke Malang buat menjalani perawatan.

Meski demikian, kata Don Seco banyak pula peserta yg sukses menjalani rintangan yg ada. Perjuangan peserta ini masih mulai bertambah karena mulai dihadapkan kembali dengan tantangan yg ada di provinsi Sulawesi Selatan yg tak kalah sulitnya dibandingkan rintangan di Sulawesi Tenggara.

Usai keluar dari perbatasan Sulawesi Tenggara, segala peserta melakukan konsolidasi di Soroako dan melanjutkan perjalanan wisata ke Toraja Utara dan Tana Toraja. Waktu istirahat di Soroako dimanfaatkan banyak peserta buat memperbaiki kendaraannya yg rusak akibat track super ekstrim di Koroni.

Peserta, kata dia, kelihatan sangat menikmati keindahan alam Toraja dan berbagai lokasi wisata yg tak ditemui di tempat yang lain seperti Lolai yg dijuluki Negeri diatas awan yg sangat indah dan luar biasa karena awan berada dibawah Lolai. Rumah Adat dan Pemakaman khas Toraja di Kete Kesu, Toraja Utara, juga menjadi salah satu obyek wisata yg tak boleh diabaikan.

Tarian Toraja Utara, Sanda Oni secara spektakular memukau peserta IOX termasuk peserta yg tak suka tari-tarian. Gemulai tarian dengan gendang yg aktif serta alunan suling yg mendayu menghipnotis peserta buat ikut menikmati.

“Selama di Toraja Utara dan Tana Toraja kalian suguhkan dengan wisata alamnya serta budayanya. Peserta sangat menikmati selama disini,” kata Don Seco menambahkan.

IOX 2017 Celebes yaitu petualangan ekstrem ala Camel di Indonesia. Jarak tempuh yg harus dilalui peserta dari Kendari, Sulawesi Tenggara menuju Makassar, Sulawesi Selatan sejauh 1.200 km. Dijadwalkan mereka finis di Makassar pada Sabtu (21/10).

(T.B016/D011)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin