Prancis Jadi Semifinal Super Series Perdana Greysia/Apriani

Jakarta – Sebagai pasangan, ganda putri Greysia Polii/Apriani Rahayu mendapatkan semifinal turnamen Super Series perdananya di turnamen bulu tangkis Prancis Terbuka 2017.

Setelah terus terhenti di putaran perempat final di beberapa turnamen Super Series sebelumnya, laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Sabtu dinihari mencatat, tiket empat besar Greysia/Apriani berhasil diamankan selepas pasangan ini menumbangkan duet Jepang Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto 19-21, 21-13, 21-19 dalam tempo permainan 76 menit.

Kemenangan atas duet Jepang ini juga, sekaligus menjadi pembalasan kekalahan Greysia/Apriyani atas Tanaka/Yonemoto yg menaklukan mereka di Denmark Terbuka 2017 minggu dulu 14-21, 21-18, 20-22 akibat kalah di ketika poin-poin kritis.

Apriani yg menjajaki pertama kali laga semifinal Super Series di Paris ini, menyampaikan saat memimpin 20-18 di gim pertama, dia sempat teringat kejadian di Denmark, hingga membuat kesalahan dan kedudukan menjadi 19-20.

“Saat itu aku berdoa dan berusaha buat positif. Dari evaluasi kemarin kan memang Apri harus lebih tenang di saat-saat seperti ini. Dari segi permainan, kalian selalu memaksa bagi selalu di pola kami, tak mau lagi terbawa pola lawan seperti di rapat sebelumnya,” kata Apriani dalam keterangannya.

Meskipun kalah di gim pertama, pasangan ini bisa membalikan kondisi di gim kedua dengan selalu mendominasi perolehan poin tanpa sekalipun tersusul.

Akan tapi kedudukan kembali menjadi genting 20-19 di gim ketiga setelah Apriyani gagal menyeberangkan shuttlecock, namun Greysia tampak menenangkan pasangannya yg lebih muda tersebut.

“Ketika itu, aku bilang ke Apri, menang atau kalah, pasti kalian bisa pelajaran dari pertandingan ini. Yang utama kami jangan sampai kehilangan aura kalau kami ingin menang. Tenang tetapi tetap aktif. Ini yg sepanjang pertandingan aku ungkapkan ke Apri,” kata Greysia.

Kunci kemenangan dalam pertandingan ini sendiri, lanjut Greysiam karena dia dan pasangannya telah memenangkaan pertarungan mental selain tentunya ada perbaikan performa dibanding dalam turnamen sebelumnya.

“Kami menang dari segi mental, kalian tak mau kekalahan sebelumnya terulang kembali. Secara keseluruhan kalian senang dengan performa kita hari ini, di mana daya juang kalian aku nilai lebih baik dari lawan,” ujar Greysia.

Atas keberhasilan ini, Greysia menilai banyak kemajuan dari Apriani yg notabene adalah juniornya tersebut, mulai tapi dia mengharapkan semangat mereka tetap terjaga bahkan meningkat buat pertandingan dan turnamen selanjutnya.

“Apri telah banyak sekali kemajuannya, aku turut senang. Tetapi ini belum apa-apa, perjuangan masih panjang, masih banyak tugas menanti,” tuturnya.

Greysia/Apriyani menjadi wakil Indonesia kedua yg lolos ke putaran semifinal setelah sebelumnya di nomor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, telah lebih lalu melaju.

Saat berita ini ditulis, Indonesia masih memiliki satu kesempatan tidak mengurangi wakilnya di empat besar turnamen Super Series ini lewat Anthony Sinisuka Ginting yg mulai berhadapan dengan Kenta Nishimoto dari Jepang.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin