Satu Nama Usulan Lee Chong Wei Untuk Perkuat Tim Malaysia

KUALA LUMPUR,  – Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, memberi rekomendasi pemain di luar tim Negeri Jiran ketika ini buat Kejuaraan Asia Beregu 2018. Dia adalah Zulfadli Zulfikli.

Semua itu dikerjakan demi meraih kesuksesan pada putaran final  Piala Thomas yang mulai berlangsung di Bangkok, Thailand pada 20-27 Mei 2018.

Sebelum ke Bangkok, timnas Negeri Jiran akan mengikuti Kejuaraan Asia Beregu 2018 yg digelar di Alor Setar, Kedah, Malaysia, 6-11 Februari. Turnamen ini yaitu kualifikasi menuju Piala Thomas yang memilih empat negara Zona Asia.

“Saya sudah membicarakan hal ini dengan Misbun Sidek (pelatih tunggal putra). Menurut saya, seandainya Zulfadli ingin mewakili Malaysia di turnamen ini, dia harus berlatih bersama timnas,” kata Lee seperti dilansir JUARA.net dari Berita Harian.

“Namun, ini bukan jaminan baginya bagi mendapatkan posisi dalam tim karena segala harus melalui proses seleksi,” ujar Lee.

Lee menilai kebugaran Zulfadli masih cukup baik meskipun berstatus pemain luar timnas Malaysia.

“Kami tetap harus bersikap adil terhadap segala pemain dan kita perlu melihat apakah dia mampu atau tak mengikuti program latihan timnas. Kami harus memilih pemain tanpa pandang bulu, terutama pemain di luar pelatnas karena ini adalah kepentingan nasional,” tutur Lee.

(Baca juga: Kaleidoskop 2017 – 5 Pebalap yg Naik Podium Pertama pada MotoGP 2017)

Menurut Lee, Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) dan jajaran pelatih mulai menyambut kedatangan Zulfadli saat menjalani latihan bersama timnas.

“Jika dia benar-benar ingin bermain di Piala Thomas, dia perlu membuktikan diri dengan mengikuti segala program pelatihan kita dan kalian ingin melihat sejauh mana kemampuan dan kemauan dia,” ujar pemain berusia 35 tahun itu.

Meskipun memberikan rekomendasi, Lee tak memaksa Zulfadli bagi bergabung dengan timnas. Dia cuma memberi rekomendasi Zulfadli berlatih selama mempersiapkan diri pada putaran kualifikasi Piala Thomas.

Malaysia memercayakan kekuatan tunggal kepada Lee dan Lee Zii Jia dalam skuad timnas. Karena itu, mereka membutuhkan kekuatan tunggal ketiga dan keempat.

Untuk mengisi posisi tersebut, Zulfadli harus bersaing dengan beberapa pemain timnas Malaysia lainnya merupakan Iskandar Zulkarnain Zainuddin, Soong Joo Ven, Leong Jun Hao, dan Lim Chi Wing.

Zulfadli ketika ini menduduki peringkat ke-44 dunia setelah Lee (ranking kedua) dan Zii Jia (peringka ke-42).

Lee menjelaskan bahwa pemilihan pemain tak harus dikerjakan berdasarkan peringkat dunia karena faktor yg paling utama adalah pemain tersebut memiliki karakter pantang menyerah ketika menghadapi lawan.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Thomas, Malaysia tercatat lima kali menjadi juara pada 1949, 1952, 1955, 1967, dan 1992. (Delia Mustikasari) 

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://olahraga.kompas.com

Post Author: admin