Timnas U-19 Siapkan Strategi Hadapi Korsel

Jember – Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menyampaikan pihaknya telah menyiapkan strategi bagi menghadapi Timnas Korea Selatan U-19 pada babak kualifikasi Piala Asia U-19 Grup F di Korea Selatan.

“Kami telah menyiapkan strategi yg mulai dikerjakan bagi bertanding menghadapi Korsel, namun secara detail kita tak mampu mengatakan kepada media. Intinya pemain Timnas telah sangat bersiap menghadapi Korsel,” katanya di Kabupaten Jember, Kamis.

Rombongan Timnas datang di Jember dalam rangka uji mencoba melawan klub sepak bola Liga 3 Persid Jember yg mulai digelar di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Sabtu (21/10).

Menurutnya meeting Timnas Indonesia dengan Korsel nanti yaitu rapat kedua karena ia pernah membawa Evan Dimas dan kawan-kawan mengalahkan tim Negeri Ginseng itu dengan skor 3-2 di Gelora Bung Karno pada tahun 2013 dan pada ketika itu Timnas Indonesia yg menjadi tuan rumah.

“Saya juga heran, Indonesia dengan Korsel dapat satu grup lagi, namun ketika ini Korsel sebagai tuan rumah. Berdasarkan analisa pertandingan terakhir, Korsel menang melawan Meksiko, sehingga kita telah menyiapkan strategi buat menghadapi mereka,” katanya.

Ia menjelaskan Timnas melakukan tiga kali uji mencoba menjelang pertandingan melawan Korsel yakni menghadapi Kamboja dengan skor 2-0 buat kemenangan Skuad Garuda Nusantara dan menang 3-0 melawan Thailand, dan uji mencoba terakhir mulai bertanding melawan Persid Jember.

“Semua pemain dalam kondisi sehat, sehingga uji mencoba di Jember mulai bermanfaat sekali melihat keadaan terakhir pemain dan setelah dari Jember mulai melakukan adaptasi cuaca dengan melakukan training camp (TC) di Lembang Bandung,” ucapnya.

Menurutnya suhu udara di Korsel sekitar 2-15 derajat celcius, sehingga para pemain mulai melakukan adaptasi cuaca di Lembang Bandung yg dingin dengan melakukan latihan lebih awal yakni pukul 06.00 WIB karena biasanya latihan dimulai pukul 07.00 WIB.

“Para pemain telah sangat bersiap buat menghadapi Korsel dan buat aku babak kualifikasi itu sebagai uji kemampuan Timnas. Meskipun telah dinyatakan lolos dalam Piala Asia karena sebagai tuan rumah, kita tetap serius menghadapi Korsel,” katanya.

Ia menyampaikan Korsel yaitu parameter sepak bola Asia, sehingga minimal pihaknya tahu kualitas Timnas ketika bertanding nanti dan pertandingan babak kualifikasi itu sangat bermanfaat bagi Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 bersama Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste dan Brunei. Kualifikasi Piala Asia U-19 mulai berlangsung pada 31 Oktober-8 November 2017 dan Garuda Nusantara mulai bertemu Korea Selatan U-19 pada 4 November 2017.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin