Timnas U16 Tekuk Timor-Leste 3-1

Jakarta – Tim sepak bola nasional Indonesia U-16 berhasil menekuk tim Timor-Leste dalam laga penyisihan grup G pertandingan kualifikasi Piala AFC U-16 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Senin.

Kemenangan tim Garuda muda, seperti dipantau Antara dari situs resmi Persataun Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, dipersembahkan oleh trigol Sutan Diego Armandoondriano Zico pada babak kedua.

Tim Merah-Putih sudah menggetarkan gawang kiper Timor Junildo Manuel Pereira pada menit ke-8. Tapi, gol Amiruddin Bagus Alfikri itu dinyatakan tak sah setelah hakim garis menetapkan Bagus terperangkap offside.

Tim asuhan Fakhri Husaini itu juga milik peluang setelah terjadi kemelut di depan gawang tim berjuluk O Sol Nascente itu pada menit ke-16.

Namun, tim Timor yg terkenal dengan serangan balik itu justru mencetak gol mereka pada menit ke-18 oleh Paulo Domingos Freitas. Kedudukan pun menjadi 1-0 bagi Timor.

Bagus kembali menggedor gawang Pereira pada menit ke-45, tetapi hakim garis kembali menetapkan Bagus sudah melewati lini pertahanan lawan tanpa bola alias offside.

Pelatih Fachri pun lantas mengganti Bagus Alfikri dengan Sutan Zico pada babak kedua. Pergantian itu pun menjadi keputusan cermat karena Zico segera mengancam lini belakang Timor pada menit ke-46.

Peluang Indonesia bagi mengobrak-abrik pertahanan Timor-Leste semakin terbuka lebar setelah wasit yang berasal Australia Robert Evans mengeluarkan kartu merah bagi Paulo Domingos Freitas sang pencetak gol tunggal bagi Timor.

Momentum pertama tim Garuda muda buat menyamakan kedudukan 1-1 tercipta pada menit ke-60 oleh Sutan Zico.

Sutan kembali menciptakan gol kedua sekaligus mengungguli tim lawan di Thailand pada menit ke-63.

Zico pun masih produktif menyumbang gol ketiga bagi dominasi Merah-Putih atas Timor menjelang sesuatu menit waktu normal berakhirnya babak kedua.

Sebelumnya, tim Timor hampir mengurangi poin kekalahan tapi, serangan lini depan mereka dinyatakan offside pada menit ke-73.

Kemenangan atas Timor-Leste itu tidak mengurangi poin tim Indonesia dalam laga penyisihan grup G menjadi enam setelah mengantongi beberapa kemenangan. Indonesia juga masih menempati urutan pertama grup yg juga diisi tim Timor-Leste, Thailand, Laos, dan Kepulauan Mariana Utara.

Sebelumnya pada pertandingan perdana grup G, Sabtu (16/9), tim sepak bola nasional Indonesia U-16 meraih kemenangan besar 18-0 atas tim Kepulauan Mariana Utara.

(T.I026/I007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin