UEFA Dakwa Arsenal Dan Cologna Terkait Masalah Penonton

London – Klub Liga Inggris Arsenal menyalahkan penjualan tiket yg dikerjakan calo bagi persoalan kerusuhan penonton pada pertandingan Liga Europa mereka melawan klub Jerman FC Cologne, saat UEFA memulai penyelidikan disiplin pada Jumat.

Cologne dan Arsenal sudah didakwa dengan sejumlah pelanggaran pada pertandungan yg harus ditunda selama sesuatu jam setelah sejumlah besar penggemar tim Jerman itu memadati Stadion Emirates, sebagian besar di antaranya tak memiliki tiket.

Banyak di antara mereka yg membeli tiket buat area-area di stadion yg dihuni oleh penggemar Arsenal, menimbulkan persoalan segregasi, meskipun cuma terjadi sesuatu insiden terpisah ketika pertandingan sudah dimulai.

Arsenal menyampaikan mereka bekerja sama dengan The Metropolitan Police dan UEFA buat menentukan apakah pertandingan itu, yg dimenangi klub Inggris tersebut dengan skor 3-1, bisa dimainkan.

“Menyusul pertandingan semalam kita ingin menegaskan bahwa keselamatan penggemar terus yaitu perhatian penting kalian dan menginformasikan seluruh keputusan yg dibuat,” kata Arsenal dalam pernyataannya.

“3.000 tiket dialokasikan kepada penggemar Cologne yg sesuai dengan peraturan-peraturan kompetisi namun telah jelas bahwa terdapat lebih banyak penggemar tim tamu yg datang, menimbulkan kepadatan dan gangguan yg signifikan di luar stadion sebelum sepak mula.”

“Banyak tiket yg dijual melalui para calo dan ini sangat mengecewakan,” tambah pihak klub.

“Kami bekerja dengan konsultasi penuh dengan polisi dan ofisial-ofisial UEFA pada malam itu dan demi keberlangsungan pertandingan dan sudah sudah mengambil langkah-langkah signifikan bagi mencegah tiket-tiket dijual ke penggemar tim tamu.”

UEFA menyampaikan Cologne didakwa karena kerusuhan penonton, menyalakan kembang api, melemparkan sejumlah benda, dan menimbulkan kerusakan di stadion.

Arsenal didakwa karena pelanggaran peraturan-peraturan keamanan dan keselamatan karena memblok tangga di area tribun penggemar tim tamu, kata badan sepak bola Eropa itu dalam pernyataannya.

Arsenal sudah launching peninjauan penuh terhadap berbagai situasi seputar pertandingan.

Mereka menolak klaim-klaim bahwa sejumlah penggemar Cologne memiliki tiket yg diperlukan dengan bergabung dalam skema keanggotaan penggemar resmi Arsenal.

“Tidak ada penjualan keanggotaan setelah undian yg mampu digunakan buat memperoleh tiket-tiket di tribun penggemar tuan rumah bagi pertandingan ini,” kata Arsenal. “Kami juga bekerja dengan para kolega kalian di Cologne buat menghentikan penggemar melakukan perjalanan tanpa tiket pertandingan.”

Cologne bermain di Eropa bagi pertama kalinya dalam rentang waktu 25 tahun dan diperkirakan 20.000 penggemar mereka memenuhi jalan-jalan di London pada pagi hari.

Polisi menyampaikan lima orang sudah ditahan, segala dengan tudingan mengganggu kepentingan umum.

Badan Disiplin dan Etika UEFA mulai menetapkan masalah ini pada Kamis, demikian Reuters melaporkan.

(H-RF)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin