2019, Nissan Hentikan Produksi Truk Kecil Di Eropa

Tokyo – Nissan Motor mulai menghentikan produksi truk kecil di Eropa yg sudah beroperasi selama empat dekade di tengah pengetatan standar emisi.

Pembuat mobil terbesar kedua Jepang itu mulai mengakhiri produksi truk-truk kecil – tak termasuk truk pikap – di pabrik Avila di Spanyol pada awal 2019, dan mengubahnya menjadi pabrik suku cadang mobil penumpang.

Keputusan tersebut muncul setelah perusahaan menyimpulkan bahwa investasi masif bagi memenuhi standar emisi yg lebih ketat di Eropa tak mulai layak buat bisnis.

Pabrik Avila memproduksi lebih dari 10.000 truk NT400 bertenaga diesel setiap tahun bagi pasar Eropa.

Nissan mulai menginvestasikan dana 44,1 juta dolar AS bagi mengubah pabrik dengan tambahan mesin press dan peralatan yang lain yg diperlukan bagi menjadi basis produksi sukucadang Nissan dan mitra utamanya dari Prancis, Renault.

Nissan memulai produksi mobil komersial berskala penuh di Eropa setelah menjadikan pabrikan otomotif Spanyol, Motor Iberica, sebagai anak perusahaannya tahun 1980-an.

Produsen kendaraan itu mulai selalu membuat kendaraan komersial kecil lainnya, seperti van kargo dan truk pikap, di pabrik Barcelona yg dikelola oleh anak perusahaan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Eropa memperkuat standar emisi mobil. Untuk mencegah terulangnya skandal emisi diesel Volkswagen, kawasan itu memberlakukan kewajiban uji emisi secara ketat, termasuk uji emisi di dalam ruangan.

Jepang dan China memperlihatkan komitmen bagi mengikuti langkah itu dengan mendorong pembuat mobil merombak strategi pengembangan produk mereka. Subaru menetapkan bagi menghentikan produksi dan penjualan mobil bertenaga diesel pada tahun fiskal yg dimulai pada 2020, demikian siaran Nikkei.[tar]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin