Ban Mobil Ini Bisa Bersihkan Polusi Udara

Jenewa – Ajang Geneva International Motor Show 2018 dimanfaatkan Goodyear bagi memperkenalkan ban mobil model baru yg diklaim sangat ramah lingkungan. Bernama Oxygene, ban itu diisi dengan lumut yg mampu menyerap karbon dioksida dan sekaligus menghasilkan oksigen.

Ban mobil macam baru ini memiliki tampilan futuristik, transparan, dan sepenuhnya memakai ‘teknologi hijau’. Disebut demikian, bukan cuma karena tak menimbulkan polusi, tetapi justru ikut mengurangi polusi udara sekaligus menghasilkan zat asam atau oksigen yg kalian butuhkan buat bernapas.

“Ban mobil ini, yg masih dalam tahap pengembangan, disebut Oxygene, dan dirancang bagi digunakan di kota-kota besar yg berpenduduk lebih dari 10 juta orang. Untuk jumlah penduduk itu, diperkirakan ada kira-kira 2,5 juta mobil yg hilir mudik tiap hari. Kalau segala mobil dilengkapi dengan ban model baru ini, kami mulai melihat adanya sistem penghijauan yg praktis dan berkesinambungan,” ujar Sebastien Fontaine, perancang industri Goodyear, seperti dilansir VOA News.

Lumut yg berada dalam ban itu menyerap karbon dioksida lewat lubang-lubang kecil yg terdapat pada dinding velg-nya. Konstruksi permukaan bannya memungkinkan butir-butir air masuk bagi menjamin kehidupan lumut, dan lewat proses fotosintesis yg memakai sinar matahari menghasilkan oksigen.

Selain menghasilkan zat asam yg kami perlukan, ban Oxygene itu juga mulai mengurangi timbunan ban bekas, karena dibuat dari ban yg didaur-ulang.

“Sejak lama kami sudah berjuang keras buat mengatasi limbah ban bekas yg selalu menggunung. Karena itu mereka mencari dan mendapatkan cara yg sangat ramah lingkungan,” kata Jim Holder, Pemimpin Redaksi Autocar.

Ban Oxygene masih harus menjalani sejumlah tes bagi memastikan mampu dipakai dengan aman dan menghasilkan dampak penghijauan yg diperlukan, namun pihak Goodyear optimistis ban baru tersebut mungkin telah dapat dijual tahun ini juga.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin