Bus Listrik Proterra Bisa Tempuh 1.772 Kilometer

San Francisco – Bus listrik Catalyst E2 Max dari Proterra Inc dapat menempuh jarak 1.772,21 km dengan kecepatan rendah tanpa pengisian ulang daya baterai (recharging). Ini menjadi sebuah rekor baru buat kendaraan listrik.

Perusahaan bus dan truk akan launching model listrik, biasanya buat tugas ringan dan menengah. Teknologi baru tersebut seringkali dibanderol dengan harga tinggi dan tantangan utamanya adalah menciptakan kendaraan dengan kisaran mampu diterima dengan harga bersaing.

Bus besutan Proterra dihargai sekitar US$750 ribu, sementara bus diesel biasa seharga US$500 ribu, kata kepala bagian penjualan Proterra Inc, Matt Horton.

Meski Proterra memiliki biaya operasional lebih rendah, mereka harus meyakinkan pelanggan bahwa harga jual sedikit lebih mahal terasa sepadan.

“Kendaraan transit listrik bertenaga tinggi kini memiliki kemampuan yg mereka butuhkan. Kami mulai mengalihkan fokus kalian terlebih lagi buat menurunkan biaya,” kata Horton seperti dilansir Reuters.

Sementara bobot baterai dipandang sebagai persoalan bagi truk tugas berat dan memakan tempat barang, Horton menyampaikan bahwa bus Proterra jauh lebih ringan daripada rig muatan besar, bahkan dengan penumpang penuh di dalamnya.

Menurut dia, Proterra mengembangkan baterai buat busnya dengan perusahaan LG Chem Korea. Perusahaan pembuat bus sudah akan mengumpulkan kemasan baterai di sebuah pabrik baru di Burlingame, California. Perusahaan itu juga sudah menjual 190 bus pada tahun lalu.

Navistar Proving Ground menyatakan bus tersebut melaju dengan kecepatan 24 km/jam. Proterra menyampaikan memutuskan rekor awal bulan ini dan mengalahkan rekor sebelumnya oleh kendaraan penumpang ringan, yakni sejauh 1.630,26 kilometer.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin