Civic Type R Catat Rekor Kecepatan Di Silverstone

Silverstone – Mengikuti dua kali kesuksesan laga ‘Honda Civic Type R Challenge 2018’ di Sirkuit Magny-Cours dan Spa-Francorchamps, Honda Civic Type R kini mencatat lap time 2 menit 31,32 detik di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Catatan ini pun melampaui rekor yg diraih Honda Civic Type R generasi sebelumnya pada ajang yg sama di tahun 2016.

Honda Civic Type R dikendarai oleh pembalap yg sudah memenangkan British Touring Car Championship tiga kali berturut-turut, yakni Matt Neal, yg kini juga memakai Honda Civic Type R di ajang BTCC 2018 bersama tim balap Halfords Yuasa Racing.

Sirkuit Silverstone memiliki panjang 5,891 km yg terdiri dari jalan lurus dan tikungan tajam. Dengan kecepatan yg dihasilkan mesin 2.0L VTEC TURBO, Honda Civic Type R yg dikendarai Neal dapat melibas trek dan berakselerasi dengan cepat.

Karakteristik mobil yg aerodinamis dibutuhkan bagi melewati sirkuit, dengan keseimbangan tarikan dan pengereman yg dimiliki Honda Civic Type R dapat melibas trek dengan lancar.

Saat memakai mode +R, Adaptive Damper System bekerja menghasilkan kecepatan yg lebih tinggi ketika melewati Sirkuit Silverstone yg berkelok-kelok.

“Saya merasa bahwa keunggulan Honda Civic Type R kelihatan ketika digunakan dalam kecepatan tinggi di tikungan. Stabilitas, desain yg aerodinamis dan sistem suspensi yg canggih membuat aku lebih yakin diri di lintasan,” ujar Neal ketika memberi tanggapan terkait catatan lap time yg diraihnya.

“Mobil ini yaitu yg terbaik di kelasnya dengan platform yg sepenuhnya baru dibandingkan generasi sebelumnya, dan Honda sudah memperbaiki setiap aspek akan dari stabilitas handling dengan suspensi multi-link, aspek aerodinamika, pusat gravitasi lebih rendah, roda kemudi yg presisi, serta tenaga dan akselerasi yg juga meningkat,” imbuhnya.

Jajaran pembalap yg mulai berlaga di ‘Honda Civic Type R Challenge 2018’ berikutnya adalah mantan juara Formula 1 sekaligus pembalap NSX Super GT, Jenson Button, dari Inggris, dan pembalap WTCR, Tiago Monteiro, dari Portugal.

Catatan waktu baru di Sirkuit Silverstone adalah rekor lap time keempat yg diraih oleh Honda Civic Type R. Pada April 2017, Civic Type R menjadi mobil dengan penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nuerburgring Nordschleife dengan lap time 7 menit 43,8 detik.

Setelah itu, Honda mengadakan ‘Honda Civic Type R Challenge 2018’ dan membuka seri pertamanya dengan performa dari pembalap WTC Esteban Guerrieri, yg meraih lap time 2 menit 1,51 detik di Sirkuit Magny-Cours GP, Prancis. Kemudian, pembalap Bertrand Baguette berlaga di seri kedua dengan lap time 2 menit 53,72 detik di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia.

Generasi terbaru Honda Civic Type R mempertahankan karakter Honda sebagai mobil Hatchback dengan akselerasi tercepat dan tertinggi di kelasnya.

Mobil yg memperoleh logo ‘H’ berwarna merah ini yaitu generasi kesepuluh Honda Civic, yg didesain buat memberikan pengalaman balap paling memuaskan baik di jalanan maupun lintasan balap.

Honda Civic Type R memiliki struktur bodi yg ringan, kokoh, pusat gravitasi yg rendah, serta didukung dual-axis strut front suspension system yang mengurangi efek torque steer dan meningkatkan pengendalian di tikungan.


Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin