Daihatsu Edukasi Teknik Pengereman Yang Tepat

Karawang – Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menggelar program Daihatsu Club Auto Clinic 2018 dengan tema ‘Defensive Driving for Daihatsu Club’ yg kali ini telah memasuki batch keempat.

Berlangsung di GT Tires Proving Ground, Karawang, Jawa Barat, program yg sudah menginjak tahun kedua ini diadakan dalam tujuh batch dan didukung penuh oleh GT Radial.

Batch pertama telah digelar pada 13 Mei 2018 yg diikuti oleh Terios Rush Club Indonesia (TERUCI) dan Ceria Club Indonesia (CCI). Kemudian dilanjutkan batch kedua pada 21 Juli 2018 diikuti oleh Terios Indonesia dan Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC) serta batch ketiga yg digelar pada 25 Agustus 2018 diikuti oleh Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Taruna Owners (TO), dan Charade Classy Winner (C2W) Community.

Kini, batch keempat kembali digelar pada 15 September 2018 dan diikuti oleh 80 peserta dari klub MAXXIO (Gran Max Luxio Club Indonesia), CALSIC (Calya Sigra Club), DAI (Daihatsu Ayla Indonesia), dan ZEC (Daihatsu Zebra Club). Pada batch ini, diberikan edukasi mengenai ‘Teknik Pengereman yg Tepat’.

Daihatsu Club Auto Clinic kali ini dibagi menjadi dua sesi, merupakan in-class sharing dan practice. Para peserta diberikan materi mengenai teknik pengereman, baik dengan ABS maupun non-ABS.

Berikut ini adalah teknik-teknik yg mampu digunakan bagi kendaraan non-ABS:

– Teknik Treshold

Pengereman ini dikerjakan dengan cara menahan tekanan pedal sekitar 90 persen (mengambang) atau tak sampai mengunci, sehingga ban masih mampu dibelokkan.

– Teknik Stab

Pengereman ini bagus dikerjakan bagi kendaraan yg memakai drum brake/ tromol dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang dengan secara cepat bagi mengurangi kecepatan kendaraan.

Selain bisa mengurangi kecepatan kendaraan, juga bisa mencegah ban mengunci. Dalam melakukan teknik ini, perlu latihan dengan pendampingan oleh orang yg ahli di bidangnya (expert).

– Teknik Squeeze

Metode pengereman ini mirip dengan pengereman Stab yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang tetapi dengan perlahan.

“Dengan teknik pengereman yg tepat, kami mampu mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman buat diri sendiri dan orang lain. Saat ini, telah banyak mobil yg memakai ABS, namun bagi melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik yg tepat,” ujar Ben Faqih, Executive Coordinator People Development Department CSVC Division ADM.

Salah satu anggota DAI, Lia Naomi, mengaku senang mampu mengikuti program Daihatsu Club Auto Clinic 2018 yg menurut dia sangat bermanfaat buat dirinya dan rekan-rekannya.


Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin