Daimler Cetak Rekor Keuntungan Di 2017

Stuttgart – Pabrikan mobil mewah Jerman, Daimler, mengumumkan sudah membukukan rekor keuntungan sepanjang 2017 berkat permintaan yg kuat pada model SUV dan truk, kendati pencapaian itu dibayangi dugaan keterkaitan perusahaan atas eskperimen emisi diesel pada monyet.

Daimler yg menaungi merek Mercedes-Benz, mengumumkan kenaikan laba bersih sebesar 24 persen menjadi 10,9 miliar euro dengan pendapatan naik 7 persen menjadi 164 miliar euro, atau sesuai ekspektasi analis.

“Tenaga kerja Daimler sekali lagi berhasil memecahkan rekor yg ditetapkan pada tahun sebelumnya,” kata Dieter Zetsche, Chairman Daimler, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP.

Keuntungan operasional juga naik 14 persen menjadi 14,7 miliar euro, kata perusahaan itu, kemudian menambahkan hal tersebut mulai menaikkan dividen ke level tertinggi sepanjang masa menjadi 3,65 euro per saham dibandingkan dengan 3,25 euro per saham pada 2016.

Ke depannya, Daimler menyampaikan ada ‘sedikit’ peningkatan penjualan dan pendapatan pada 2018, seiring dengan perkiraan permintaan global di industri otomotif.

“Ambisi kalian tak berubah: Daimler tetap di puncak,” kata Zetsche.

Grup otomotif yg juga membuat mobil bermerek Smart, menyampaikan bahwa penjualan unit naik menjadi 3,3 juta kendaraan pada tahun dulu yg didorong permintaan kuat pada SUV perkotaan Mercedes-Benz dan model E-Class, terutama di pasar China.

Adapun kendaraan Daimler model van dan truk juga menikmati pertumbuhan yg mencapai dua digit.

Kendati demikian, hasil positif itu justru tiba ketika Daimler diduga terlibat dalam eksperimen emisi diesel terhadap monyet di sebuah laboratorium di AS pada 2015.

Eksperimen yg diungkap dalam sebuah artikel di New York Times pada minggu dahulu diduga didanai oleh Daimler dan raksasa otomotif Jerman lainnya, BMW dan Volkswagen. [tar]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin