Ferrari Terkencang Resmi Hadir Di Indonesia

Jakarta – Ferrari akhirnya resmi launching supercar terkencangnya, Ferrari 812 Superfast, di Indonesia.

Menjalani debut globalnya di Geneva Motor Show 2017, Maret lalu, Ferrari 812 Superfast yaitu supercar terakhir yg dirilis Ferrari di Tanah Air buat tahun ini.

“Kami dengan bangga memperkenalkan Ferrari terkuat dan tercepat sepanjang sejarah, 812 superfast, buat pecinta Ferrari di Indonesia. Ferrari macam baru ini bisa dipastikan menjadi mobil V12 bermesin depan terbaik di Indonesia ketika ini,” kata Arie Christopher, CEO PT Citra Langgeng Otomotif (Ferrari Jakarta), di sela-sela peluncuran 812 Superfast di Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Dia menjelaskan, Ferrari 812 Superfast diracik dari gabungan warisan supercar Ferrari sebelumnya yg juga bermesin V12, yakni F12 Berlinetta dan F12TDF, dan dibekali sejumlah inovasi terbaru.

Baca juga: Ferrari 812 Superfast Hadir di Indonesia Hari Ini

Untuk dapur pacunya, Ferrari 812 Superfast dibekali dengan mesin V12 baru yg lebih bertenaga. Jika sebelumnya V12 Ferrari berkubikasi 6.200cc, maka mesin baru ini lebih besar menjadi 6.500cc dengan pasokan tenaga daya 800cv (789hp) pada 8.500rpm dan torsi maksimum 718Nm pada 7.000rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan gearbox 7-percepatan F1 Dual-Clutch. Alhasil akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai cuma dalam tempo 2,9 detik, sebelum akhirnya menyentuh kecepatan puncak di 340 km/jam.

Tak cukup sampai disitu, Ferrari bagi pertama kalinya memperkenalkan Electric Power Steering (EPS) pada 812 Superfast. Tujuannya tentu bagi memaksimalkan performa kendaraan.

Selain itu, terdapat juga pengenalan sistem Virtual Short Wheelbase 2.0 yg menggabungkan kemudi roda depan elektrik dengan konsep mekanik berdasarkan dimensi roda serta sistem kemudi roda belakang yg membuat radius putarnya lebih ringkas.

“Semua terintegrsi dengan dinamika sistem kontrol kendaraan, dengan dasar Side Slip Control (SSC) versi 5.0. Fungsinya meningkatkan kelincahan dan waktu respon kemudi,” papar Arie.

Baca juga: Supercar Tercepat Ferrari Siap Masuk Indonesia

Secara fisik, tampilan Ferrari 812 Superfast memiliki desain garis tegas buat memberi kesan sporty. Selain itu terdapat juga desain siluet fastback dengan ekor tinggi dilengkapi garis tegas sepanjang roda depan guna memberikan kesan visual sayap rendah.

Masih mempertahankan tradisi, pada bagian buntut kendaraan dilengkapi dengan lampu bulat dikombinasikan garis horizontal. Terdapat juga penutup bagian bawah bodi mobil, dan sayap belakang dilengkapi aerodynamic by-pass yg belum pernah ada pada seri Ferrari sebelumnya bagi meningkatkan downforce.

Ferrari Jakarta belum mau mengungkap berapa harga 812 Superfast saat telah di tangan konsumen Tanah Air. Namun, dari situs Bangkokpost diberitakan bahwa model anyar ini dibanderol seharga 31,5 juta baht atau sekitar Rp12,85 miliar bagi pasar Thailand.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin