Gandeng Mahindra, Ford Kembangkan Mobil Listrik

New Delhi – Ford Motor dan Grup Mahindra India mengumumkan rencana kerja sama terbaru sebagai langkah raksasa otomotif yang berasal AS itu dalam meningkatkan kehadirannya di India sebagai salah satu pasar otomotif dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Keduanya, yg berpisah pada 2005, mulai bekerja sama selama tiga tahun di sejumlah sektor, termasuk kendaraan listrik.

“Ford berkomitmen bagi India,” kata Jim Farley, wakil presiden eksekutif Ford dan presiden Global Markets dalam sebuah pernyataan yg dilansir AFP.

“Aliansi mulai memungkinkan kita bekerja sama memanfaatkan perubahan yg terjadi di industri otomotif,” sambung dia.

Sebagian besar pabrikan mobil asing berjuang di pasar India yg sensitif. Bahkan Ford cuma memiliki pangsa pasar kurang dari tiga persen.

Pasar mobil listrik diperkirakan mulai meledak ketika pemerintah di semua dunia, termasuk India dan China mulai beralih dari mobil berbahan bakar fosil dalam beberapa dekade mendatang.

Mahindra adalah satu-satunya produsen mobil India yg membuat mobil listrik. Langkah ini mulai memberikan kemudahan buat Ford buat mendapatkan akses teknologi dari Mahindra yg juga mulai mendapatkan akses pasar dan desain dari Ford.

Abdul Majeed, mitra konsultan PwC, menyampaikan banyak produsen mobil masa depan yg memilih strategi kerjasama karena adanya pergeseran besar menuju transportasi ramah lingkungan dan penggunaan teknologi keterangan yg lebih besar.

“Aliansi sangat utama buat bertahan dan melangkah maju, tak ada yg mampu menyelesaikan persoalan ini sendirian,” kata Majeed kepada AFP.

Toyota Motor dan Suzuki Jepang mengumumkan rencana kerja sama pada awal tahun ini bagi bertukar keahlian, sementara General Motors dan Ford melakukan berbagai eksperimen bersama Uber Technologies. [tar]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin