General Motors Didenda Rp188 Miliar

Detroit – Pihak berwenang di AS menjatuhkan denda sebesar US$13,9 juta atau sekitar Rp188,6 miliar kepada General Motors (GM). Perusahaan otomotif bermarkas di Detroit itu didenda karena dinilai sengaja menyembunyikan cacat pada kendaraan.

Cacat yg dimaksud adalah aspek keamanan pada kendaraan yg melibatkan switch pengapian yg menyebabkan sekitar 400 masalah kematian dan luka-luka pada pengendara.

Mengutip Reuters, jaksa menyampaikan bahwa perusahaan itu tak mengumumkan cacat pada sistem power steering dan airbag.

GM sebelumnya sudah membayar denda US$2,5 miliar dan penyelesaian atas kerusakan produk yg menyebabkan mesin mogok dan kantong udara tak berfungsi.

Cacat tersebut sudah dikaitkan dengan 124 kematian dan 275 luka-luka, serta memicu penarikan kembali alias recall sejak Februari 2014 yg melibatkan 2,6 juta kendaraan.

Juru bicara GM David Caldwell mengatakan, sejak 2014 perusahaan mengambil langkah utama buat memastikan keselamatan kendaraan, termasuk struktur organisasi baru dan sebuah program bagi mendorong karyawan melaporkan seandainya ada persoalan pada produk.

Pada 2015, perusahaan membayar US$900 juta buat menyelesaikann penyelidikan kriminal di Departemen Kehakiman AS dan menyetujui dilakukannya pengawasan tiga tahun oleh pemantau independen.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin