Honda Pamerkan Teknologi Penghasil Energi Listrik

Tokyo – Honda Motor Co. Ltd mulai menampilkan beragam teknologi penghasil energi listrik ramah lingkungan pada ajang CEATEC JAPAN 2017 yg digelar di Makuhari Messe, Chiba, Jepang, pada 3-6 Oktober 2017.

Mengusung tema ‘Smart Energy Storage Management’, Honda mulai memperkenalkan Mobile Power Pack System with Detachable Mobile Batteries, Charge/Discharge Devices dan 70MPa Smart Hydrogen Station (SHS) Concept. Sistem ini bekerja dengan menghasilkan, menyimpan dan menyalurkan listrik ketika dibutuhkan.

Secara total, Honda mulai menampilkan empat teknologi baru meliputi Honda Mobile Power Pack System with Detachable Mobile Battery, yg berfungsi menyimpan dan memasok listrik buat produk mobilitas skala kecil dan produk rumahan.

Honda juga menampilkan Honda Mobile Power Pack Exchanger yg mampu mengisi banyak baterai Power Pack dalam sekali pengisian dan menyediakan penggantian baterai Power Pack.

Keseimbangan pasokan listrik juga mampu terjaga dengan mengalirkan listrik dari baterai ke jaringan pada jam sibuk ketika kebutuhan listrik meningkat.

Tak cuma itu, Honda juga menampilkan Honda Mobile Power Pack Charge & Supply Concept yg ketika dikombinasikan dengan Honda Mobile Power Pack, bisa berfungsi sebagai sumber energi darurat atau sumber energi reguler di area yg tak teraliri listrik.

Kemudian 70 MPa SHS Concept juga turut tampil, dimana teknologi ini mampu menghasilkan, menyimpan dan menyalurkan hidrogen bertekanan tinggi buat kendaraan fuel cell. 70MPa SHS Concept menjadi stasiun hidrogen pertama di dunia dilengkapi dengan electrolizer bertekanan diferensial tinggi buat mewujudkan tekanan penghasil hidrogen sebesar 82MPa.

Ke depannya, Honda mulai mengkomersilkan SHS yg dilengkapi fitur Power Creator, merupakan electrolizer bertekanan diferensial tinggi yg mengeleminasi kompresor dan mewujudkan kemasan lebih kompak.

Power Creator menghasilkan hidrogen dengan mendapatkan elektrolisis dari air memakai listrik dari berbagai sumber energi termasuk energi terbarukan.

Pada hari yg bersamaan, Honda juga mulai mendemonstrasikan cara kerja dari Honda Mobile Power Pack Exchanger di Pulau Romblon, Filipina. Daerah Pulau Romblon ketika ini masih bergantung pada tenaga diesel yg mahal dan tinggi karbon, serta mengalami kesulitan dalam menyediakan pasokan listrik yg tinggi sepanjang hari.

Melalui kerja sama dua perusahaan, Komaihaltec mulai membangun generator bertenaga angin yg ramah lingkungan sementara Honda mulai membangun exchanger yg bisa menyimpan kelebihan listrik, sehingga memungkinkan setiap penduduk bagi menerima aliran listrik bahkan di area terpencil.

Cara kerja Mobile Power Pack Exchanger adalah dengan menyediakan sebuah unit yg bisa mengisi listrik kedalam baterai, sehingga baterai tersebut bisa menyimpan kelebihan listrik bagi digunakan ketika dibutuhkan. Dengan sistem ini, penggunaan listrik menjadi lebih efisien sekaligus mengurangi emisi karbon (CO2). Demonstrasi mengenai reduksi emisi karbon (CO2) mulai dilaksanakan bersama dengan Komaihaltec pada musim gugur mendatang.

Honda berencana buat mengembangkan sumber daya listrik dari Mobile Power Packs ke negara lainnya buat mewujudkan masyarakat yg bisa menghasilkan, menggunakan, dan tersambung dengan sumber listrik. Honda mulai selalu berinovasi melalui teknologi bagi menciptakan ketersediaan listrik yg merata, mendorong penggunaan listrik lokal, dan mewujudkan masyarakat bebas karbon. [ikh]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin