Honda Suntik Dana Rp40,6 Triliun Untuk GM

San Francisco – Honda Motor Company mengumumkan kesepakatan baru dengan Cruise Automation –unit usaha kendaraan swakemudi di bawah General Motors– buat mengembangkan teknologi kendaraan otonom, termasuk rencana mereka bagi memproduksi dalam skala besar.

Dalam kerja sama ini, Honda dan GM melalui Cruise mulai mengembangkan kendaraan otonom yg dibuat khusus bagi melayani berbagai penggunaan dan diproduksi dalam volume tinggi bagi penyebaran global.

Dalam kesepakatan ini, Honda mulai menginvestasikan US$2 miliar atau sekitar Rp30 trilun dalam 12 tahun, bersama investasi dalam ekuitas senilai US$750 juta atau sekitar Rp10,6 triliun bagi Cruise.

Investasi tersebut, ditambah dengan suntikan dari SoftBank baru-baru ini, membuat valuasi Cruise mencapai US$14,6 miliar atau sekitar Rp212,4 triliun.

“Ini adalah langkah logis berikutnya di General Motors dan hubungan Honda, mengingat kerja bersama kalian pada kendaraan listrik, dan integrasi erat kita dengan Cruise,” kata Mary Barra, Chairman dan CEO GM.

Dia mengatakan, GM bersama Honda dapat menyediakan desain, rekayasa, dan keahlian manufaktur terbaik, serta jangkauan global bagi membuat Cruise sebagai pemimpin teknologi kendaraan otonom.

“Honda memilih buat berkolaborasi dengan Cruise dan GM berdasarkan kepemimpinan mereka dalam teknologi kendaraan otonom dan listrik dan visi bersama kalian tentang nol-emisi dan dunia tanpa-tabrakan,” kata Seiji Kuraishi, Executive Vice President Honda Motor Company.

“Kemitraan Honda membuka jalan bagi skala besar dengan membawa kendaraan yg indah, efisien, dan dibangun khusus bagi jaringan kendaraan otonom bersama kami,” imbuh Kyle Vogt, CEO Cruise Automation.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin