Insiden Mobil Swakemudi Uber Akibat Software Error

Arizona – Masih ingat dengan insiden mobil swakemudi alias tanpa supir punya Uber menabrak penyeberang jalan hingga tewas di Arizona, AS, pada Maret lalu? Berdasarkan hasil serangkaian penyelidikan, terungkap bahwa insiden tersebut terjadi karena adanya kerusakan software yang tersemat pada sistem swakemudi mobil.

Merujuk investigasi kepolisian, sistem swakemudi di mobil yg terlibat insiden itu ternyata mengalami error sehingga tak dapat menghindar saat korban bernama Elaine Herzberg (49) telah berada persis di depannya. Software pada mobil itu membaca bahwa sepeda bukanlah objek yg perlu dihindari.

Mobil tanpa supir rancangan Uber ini memang memiliki kemampuan mengenali seluruh objek yg ada di depannya. Kendaraan tersebut bisa memilah benda apa yg perlu dihindari dan mana yg tidak.

Baca juga: Mobil Swakemudi Uber Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

Seorang eksekutif Uber mengklaim bahwa permasalahan di sistem terjadi akibat penyetelan terlalu longgar sehingga melihat sepeda layaknya kantong plastik.

Keadaan ini pun diperparah dengan operator mobil swakemudi tersebut yg mengaku lengah ketika peristiwa berlangsung. Dia mengaku kehilangan konsentrasi sehingga tidak dapat bertindak sigap saat mobil telah berada persis di depan korban. Saat itu, kendaraan melaju dengan kecepatan 40 kilometer per jam.

Baca juga: Video Mobil Swakemudi Uber Tabrak Pejalan Kaki

Penyelidikan perkara kecelakaan ini dikerjakan oleh pihak kepolisan bekerja sama dengan National Transportation Safety Board, badan keamanan transportasi AS.

Elaine Herzberg, sang korban, tewas ditabrak oleh mobil swakemudi Uber berjenis Volvo XC90 saat sedang menyeberang jalan di persimpangan Jalan Mill Avenue dan Curry Road, Kota Tempe, Arizona, AS, pada Minggu malam, 18 Maret 2018.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin