Jenson Button Cetak Rekor Balap Terakhir Honda

Mogyorod – Di ajang balap kelima yg menjadi babak final dari ajang Type R Challenge 2018 di Eropa, Honda Civic Type R berhasil memecahkan rekor lap time baru yg mencapai 2 menit 10,19 detik bagi kategori mobil berpenggerak roda depan di Sirkuit Hungaroring GP di Hungaria.

Honda Civic Type R itu dikendarai oleh juara F1 dan pembalap NSX Super GT, Jenson Button. Hungaroring GP membawa banyak kenangan buat Button, karena yaitu sirkuit tempat dia memenangkan Grand Prix buat pertama kalinya pada awal karirnya bersama Honda di tahun 2006 silam.

Sirkuit Hungaroring GP terdiri dari medan berliku dan sempit sepanjang 4,38 km dengan belokan tajam 180 derajat dan jalanan meliuk-liuk, sehingga menjadi trek yg cukup sulit dilalui di Eropa.

Meski demikian, trek ini menjadi medan yg pas buat mendemonstrasikan kemampuan dari Adaptive Damper System yg dimiliki Honda Civic Type R, yg dapat menghasilkan pengendalian lebih stabil dan mempertahankan performa tinggi ditengah sirkuit.

Selain sistem suspensi, pengaturan kemudi yg unik serta aspek aerodinamika yg sudah disempurnakan dapat mendukung Button dalam meraih lap record baru buat Honda di sirkuit Grand Prix.

“Kami tiba ke Hungaroring, sebuah tempat yg mengingatkan aku pada momen dimana aku memenangkan kejuaraan F1 buat pertama kalinya pada tahun 2006 bersama Honda. Sekarang, kalian di sini bagi membuat catatan lap time baru buat Civic Type R, dan aku senang sudah berhasil memecahkannya!” kata Button mengenai lap time yg sudah dipecahkannya.

Mengenai performa Honda Civic Type R, dia berpendapat bahwa hal pertama yg diperhatikannya ketika akan mengendarai di sirkuit adalah aspek kestabilannya.

“Saya biasanya menyetir mobil yg bukan berpenggerak roda depan, jadi mengendarai mobil ini rasanya sangat berbeda bagi saya. Namun dalam sekejap, aku bisa menikmatinya karena Civic Type R sangat stabil dan memberi kesenangan berkendara,” jelas Button.

“Selain itu, hal yg paling mengejutkan aku adalah bagian pengereman. Girbox manual bekerja dengan sangat baik. Kebanyakan mobil di jaman sekarang tak dilengkapi transmisi manual, sehingga terasa menyenangkan buat aku bisa merasakan feeling dari transmisi manual dan merasa lebih terkoneksi dengan mobil yg dikendarai,” imbuhnya.

Sebelumnya, Honda juga membuat rekor lap time di Hungaroring pada ajang challenge yang sama di tahun 2016, dengan memakai Honda Civic Type R generasi terdahulu.

Rekor terbaru yg diraih ketika ini yaitu yg kelima untuk Honda Civic Type R di ajang Type R Challenge 2018, dengan meraih target lap time yg sudah ditentukan di setiap trek setelah sebelumnya memecahkan rekor lap time 7 menit 43,8 detik di sirkuit Nuerburgring Nordschleife pada April 2017.

Enam rekor tersebut semakin menguatkan posisi Honda Civic Type R sebagai mobil tercepat di kelasnya.

Tantangan ini terdiri dari lima pembalap andalan Honda yg mengikuti balap di lima trek berbeda di semua Eropa, yg bertujuan mencetak rekor baru dari sebuah mobil berpenggerak roda depan.

1. Pembalap WTCR Tiago Monteiro mencetak rekor lap time 2 menit 01,84 detik di Sirkuit Estoril, Portugal.

2. Pembalap legendaris BTCC Matt Neal mencetak rekor lap time 2 menit 31,32 detik di Sirkuit Silverstone, Inggris.

3. Bintang Super GT Jepang, Betrand Baguette, mencetak rekor lap time 2 menit 53,72 detik di Spa-Francorchamps, Belgia.

4. Pembalap WTCR Esteban Guerreri, mencetak rekor lap time 2 menit 1,51 detik di trek Magny-Cours GP, Perancis.

5. Juara F1 dan pembalap NSX Super GT Jenson Button, mencetak rekor lap time 2 menit 10,19 detik di Sirkuit Hungaroring GP,Hungaria.

Generasi terbaru Honda Civic Type R didesain buat memberikan pengalaman balap paling memuaskan baik di jalanan maupun lintasan balap.

Mobil ini memiliki akselerasi dan kecepatan tertinggi di kelasnya dengan kombinasi struktur bodi yg ringan, kokoh, pusat gravitasi yg rendah, serta didukung dual-axis strut front suspension system yang mengurangi efek torque steer dan meningkatkan pengendalian di tikungan.

Honda Civic Type R berhasil mempertahankan sejarah Honda sebagai hatchback berperforma tinggi.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin