Kurangi Waktu Inden, Toyota Pacu Produksi New Rush

Jakarta – Toyota Indonesia meningkatkan produksi dan pasokan All New Rush menyusul lonjakan permintaan medium sport utility vehicle (SUV) anyar tersebut di atas estimasi.

“Pemesanannya sampai ketika ini telah antara 22 ribu-23 ribu unit,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Dia mengaku permintaan itu di atas perkiraan, karena pada awalnya TAM cuma menargetkan penjualan sekitar 30 ribu unit tahun ini atau sekitar 3.000 unit per bulan.

Namun, sampai awal Maret pemesanan sangat tinggi menembus angka 22 ribu-23 ribu unit, sehingga waktu tunggu pengiriman barang (inden) mampu mencapai tiga hingga lima bulan tergantung varian All New Rush yg dipesan.

Baca juga: Penjualan Toyota Rush Naik Dua Kali Lipat di 2018

Untuk mengurangi masa inden tersebut, Henry menyampaikan pihaknya mulai fokus mengutamakan pasokan All New Rush tanpa mengabaikan pasokan model laris lainnya seperti Toyota Avanza, dengan mengambil keseimbangan antara pasokan dan permintaan.

“Titik seimbang ini yg memaksa kalian harus selalu memaksa pasokan Toyota All New Rush, karena masa tunggunya cukup lama hingga lima bulan,” ujar Henry.

Namun, dia juga mengakui ada dampak dari keputusan tersebut merupakan pihaknya mengerem pasokan produk yang lain yg memiliki platform mirip seperti Toyota Avanza yg permintaannya stabil.

Sejak diperkenalkan pada November 2017 dan akan dipasarkan pada Januari 2018, Toyota All New Rush dengan perubahan total pada eksterior dan interior mencuri perhatian konsumen otomotif Indonesia.

Data TAM menunjukkan, penjualan Toyota All New Rush di pasar wholesale telah mencapai 6.991 unit, yg berasal dari penjualan Januari 3.416 unit dan naik menjadi 3.575 unit pada Februari lalu.

Jumlah tersebut naik signifikan dibandingkan periode Januari-Februari tahun dahulu yg mencapai 3.656 unit. Hasilnya Toyota All New Rush memimpin pasar medium SUV dengan angka 39 persen.

Penjualan total Toyota pada dua bulan buat lebih dari 20 model yg dimilikinya mencapai 56.267 unit.

“Kami berharap respon positif terhadap All New Rush tak cuma memperkuat kinerja penjualan TAM tetapi juga memperbesar pasar medium SUV serta memperkokoh industri otomotif nasional karena pengunaan komponen lokal pada mobil ini semakin besar,” kata Henry. [tar]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin