Laba Menurun Di AS, Nissan Pangkas 20% Produksi

Tokyo – Nissan mulai memangkas 20 persen produksi kendaraan mereka di kawasan Amerika Utara bagi mengatasi penurunan keuntungan di AS sebagai pasar penjualan terbesarnya.

Menurut Nikkei, Nissan sudah memperlambat produksi di AS. Peningkatan penjualan kendaraan yg agresif justru tiba karena adanya diskon dan penjualan fleet yang mengurangi keuntungan di negeri Paman Sam itu.

Pengurangan telah berlangsung di dua pabrik perakitan di AS dan tiga di Meksiko. Nikkei menambahkan bahwa karyawan tak mulai dilepaskan, sedangkan jalur produksi tak sepenuhnya berhenti dengan pengurangan yg diperkirakan berlangsung hingga akhir tahun ini. .

Di sisi lain, Nissan menyampaikan bahwa laporan Nikkei itu tak berdasarkan pengumuman perusahaan.

Baca juga: Nissan Boyong SUV New Terra ke Asia Tenggara

Produksi kendaraan Nissan di AS, termasuk crossover Rogue yg populer dan sedan Altima bervolume tinggi, turun 9,2 persen pada tahun fiskal yg berakhir Maret 2018, menurut data-data produksi perusahaan, setelah periode peningkatan penjualan pada 2016.

Pada awal bulan ini, perusahaan menyampaikan kembali bahwa strategi penjualannya di AS bergeser dari keuntungan yg berkelanjutan menjadi pertumbuhan yg agresif, kendati hal tersebut menurunkan utilisasi pabrik supaya para diler-diler fokus menjual mobil yg telah tersedia.

Nissan melihat penjualannya di AS menurun sekitar 6,5 persen pada 2018, karena permintaan yg melambat pada sedan Altima yg modelnya mulai disegarkan pada akhir tahun ini.

Pemberian diskon pada Altima, Rogue, dan model lainnya menjadi faktor penting yg menyebabkan penurunan laba operasional sebesar 30,5 persen di Amerika Utara.

Pada 2010, Nissan melipatgandakan penjualan mobil di kawasan itu menjadi sekitar 1,6 juta unit, sejalan dengan target buat menguasai 10 persen pangsa pasar kendaraan di AS.

Nissan mengoperasikan dua pabrik di AS dan tiga di Meksiko dengan 60 persen dari semua kendaraan Nissan yg dijual di AS diproduksi secara lokal, demikian lansir Reuters.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin