Lexus Indonesia Boyong RX 350L, SUV 7 Penumpang

INILACOM, Jakarta – Guna mengapresiasi konsumen loyal yg membutuhkan kendaraan dengan kabin yg lebih lapang. Lexus Indonesia memboyong model RX 350L berkapasitas tujuh penumpang ke pasar SUV premium Tanah Air.

General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja menyampaikan bahwa pihaknya tak membebani model RX 350L dengan target penjualan khusus, melainkan ingin memberikan ‘kejutan-kejutan kecil’ bagi konsumen.

“Lexus RX 350L ini tak ditargetkan secara khusus, tetapi sebenarnya bagi tidak mengurangi pengalaman amazing saja. Supaya orang-orang yg telah naik RX selalu terapresiasi,” kata Adrian, di sela-sela acara peluncuran SUV premium ini di Lexus Gallery, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

“Kami memberikan kejutan-kejutan kecil bagi konsumen, agar mereka tetap mendapatkan pengalaman yg luar biasa dengan brand Lexus,” imbuhnya.

Baca juga: Lexus Hadirkan Miss Universe dan Putri Indonesia

Adrian juga menjelaskan, dengan market share Lexus RX yg menjadi 57 persen pada 2017, maka menaikkan volume penjualan bukanlah hal utama, melainkan memberikan hal yg lebih kepada konsumen.

“Kami telah 57 persen market share, tujuannya bukan tidak mengurangi volume lagi. Tapi bagi membuat konsumen tersenyum,” kata dia seraya menambahkan bahwa Lexus Indonesia menjual 950 kendaraan pada tahun lalu.

Lexus RX 350L hadir dengan sejumlah perbedaan seandainya dibandingkan dengan model RX lainnya, akan dari kapasitas penumpang, dimensi panjang kendaraan, hingga mesin yg digunakan.

Chief Engineer Lexus RX dan NX Takeaki Kato menjelaskan pengembangan RX 350L memakan waktu tiga tahun. Hal itu terbilang singkat Lexus karena telah memiliki basis RX dari model sebelumnya.

“Membuat model dari nol itu butuh waktu lima tahun, tetapi buat RX 350L cuma butuh tiga tahun karena telah ada basisnya (dari model RX),” kata Kato kepada wartawan.

Dia menjelaskan beberapa hal yg menjadi pertimbangan dalam merancang RX 350L adalah memperhitungkan luas ruang yg dibutuhkan bagi penumpang baris ketiga, sekaligus memperkirakan banyaknya barang yg mulai diangkut oleh mobil keluarga mewah ini.

Spesifikasi

Pengguna Lexus RX 350L memiliki pilihan buat penggunaan kursi baris ketiga tanpa mengorbankan model ramping dan kemampuan dalam bermanuver khas crossover.

Lexus memperpanjang bodi mobil 4,3 inci (110 mm) pada bagian belakang serta mengubah sudut jendela tailgate menjadi lebih curam buat memastikan headroom yang nyaman untuk penumpang di baris ketiga.

Versi enam atau tujuh penumpang memakai kursi tipe bench split 40/20/40 pada baris kedua. Kemudian, akses ke baris ketiga dibuat gampang dengan sentuhan sebuah tuas yg berfungsi buat melipat kedua kursi ke depan.

Pada model RX L 2018, airbag samping mencakup ke keseluruhan tiga baris kursi, serta dilengkap Blind Spot Monitor dengan Intuitive Parking Assist, Rear Cross-Traffic Alert, dan Panoramic View Monitor sebagai fitur standar.

Lexus RX 350L memakai mesin V6 berkapasitas 3.500cc dengan sistem injeksi bahan bakar D-4S yg menggabungkan sistem injeksi bahan bakar segera dan port.

Tersedia tiga model mengemudi pada RX 350L, merupakan normal, sport dan eco. Ada juga Dynamic Torque Control All Wheel Drive yg dalam keadaan jelajah normal, sistem ini menggerakkan roda depan buat menolong mengurangi konsumsi bahan bakar.

Saat kendaraan melaju kencang, sistem secara otomatis bergeser ke AWD buat menolong mencegah selip depan. Saat cruising, sistem beralih ke FWD, dan saat sensor mendeteksi selip roda, sistem mampu bervariasi buat distribusi torsi belakang dari 100:0 sampai 50:50.

Dengan potensi bobot penumpang yg bertambah, suspensi pada SUV Lexus tujuh penumpang ini disetel lebih heavy dari model sebelumnya, namun tetap mengutamakan kenyamanan penumpang.

“Tentunya ketika dalam membuat Lexus RX ini, kalian ingin berbeda dari BMW atau Mercedes. Jadi pertimbangannya adalah bagaimana kita dapat lebih kelihatan berbeda dengan kompetitor,” pungkas Kato. [tar]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin