Mantan Insinyur Apple Besut Sensor Mobil Swakemudi

San Francisco – Aeva, sebuah start-up yang didirikan oleh beberapa mantan insinyur Apple, memperkenalkan sebuah sensor yg dibangun bagi menolong mobil swakemudi mendeteksi apa yg terjadi di sekitarnya.

Mengutip CNBC, sistem sensor yg dikemas dalam unit berukuran kotak tisu itu mampu mendeteksi kecepatan, kedalaman, dan reflektifitas sejauh lebih dari 200 meter, tanpa memakai banyak daya.

Aeva memiliki sekitar 50 karyawan dengan pendanaan sekitar US$45 juta dari sejumlah investor, termasuk Canaan Partners dan Lux Capital.

“Meski masih tergolong perusahaan kecil yg masih baru, Aeva sudah bekerja sama dengan sejumlah produsen mobil besar dalam mengintegrasikan produknya ke berbagai macam kendaraan,” kata Soroush Salehian, salah seorang pelopor Aeva.

Pengguna mampu menggunakan lima unit ‘kotak tisu’ pada satu kendaraan, tergantung pada tingkat otomatisasi yg diinginkan. Tiap unitnya dibanderol seharga US$200 hingga US$300.

Sensor besutan Aeva tak mulai melakukan komputasi swakemudi. Sebaliknya, teknologi ini mulai mengumpulkan banyak data, yg kemudian bisa menginformasikan sistem mengemudi secara otonom.

Para pelopor Aeva sebelumnya bekerja sebagai insinyur di Apple, khususnya pada proyek mobil rahasia yg dijalankan dengan kode nama Titan.


Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin