Mencuri Tesla Model 3 Menggunakan Smartphone

Minnesota – Sebuah mobil Tesla dilaporkan sudah dicuri dari sebuah pusat perbelanjaan di Minnesota, AS, setelah pencurinya dapat mengakses aplikasi Tesla melalui smartphone miliknya.

Seorang pakar keamanan siber mengomentari kejadian ini dan menjelaskan bagaimana pencuri mampu dengan gampang mengendarai serta membawa kabur Tesla Model 3 itu.

Sang pencuri diyakini sudah menghubungi layanan dukungan pelanggan Tesla buat menambahkan Model 3 yg dicurinya ke akun Tesla miliknya dengan nomor identifikasi kendaraan.

Kendaraan itu dapat diakses melalui smartphone setelah terdaftar dalam akun sang pencuri, di mana dia mampu membuka pintu dan mengendarai Tesla Model 3 tanpa perlu memakai kunci mobil.

Setelah dilacak oleh pemilik mobil, beberapa hari kemudian sang pencuri pun berhasil diamankan oleh polisi di dalam mobil curian di Waco, Texas, lebih dari 1.000 mil di selatan titik awal di Minnesota.

Karena sang pencuri menonaktifkan pelacakan GPS di mobil, pemilik mobil harus memakai metode yg berbeda bagi melacak tersangka.

Pemilik melacak lokasi pengisian daya baterai mobil dan memberikannya kepada pihak kepolisian setempat di mana mereka langsung menemukan mobil dan menangkap sang pencuri.

Tesla Model 3 yg dicuri ini adalah punya Trevla, sebuah perusahaan rental Tesla yg terletak di dalam Mall of America. Pencuri mobil yg diduga berusia 21 tahun itu sebelumnya menyewa kendaraan dari perusahaan tersebut setidaknya enam kali sebelum mencuri.

Pemilik juga ingat bahwa orang yg sama ini diduga membual tentang pengetahuan luas yg dia miliki mengenai sistem keamanan Tesla.

Produsen mobil, kepada media otomotif Electrek, menyampaikan bahwa tersangka pencuri kemungkinan sebelumnya sudah menyewa kendaraan di tempat yg sama dan memiliki smartphone yang telah terautentikasi.

Namun, perusahaan penyewaan mobil Trevla menyanggah klaim itu dan menyatakan sudah menghapus akses smartphone tersangka setelah penyewaan sebelumnya.

Sistem keyless entry pada mobil Tesla Model 3 memungkinkan pemilik dapat mengakses kendaraan melalui aplikasi pada smartphone mereka. Ini yaitu salah satu teknologi yg memang dikembangkan sejumlah produsen mobil bagi meningkatkan kenyamanan kepada pelanggan.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin