Mitsubishi Thailand Capai Produksi 5 Juta Unit

Bangkok – Mitsubishi Motors (Thailand) Co Ltd meresmikan unit produksi kendaraan mereka yg ke 5 juta di pabrik Laem Chabang. Mitsubishi Pajero Sport menjadi kendaraan penanda pencapaian ini.

Acara peresmian tersebut dihadir oleh beberapa tokoh penting, seperti Wakil Perdana Menteri Thailand Somkid Jatusripitak, Duta Besar Extraordinary dan Plenipotentiary Jepang bagi Kerajaan Thailand Shiro Sadoshima, dan CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko.

Dalam sambutannya, Wakil Perdana Menteri Thailand mengucapkan selamat kepada Mitsubishi Motors atas kolaborasi yg sukses antara Mitsubishi Motors dan pemerintah Thailand.

“Pencapaian Mitsubishi Motors Thailand ini mempertegas peran industri otomotif sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan Thailand. Komitmen perusahaan terhadap Thailand, dan kepemimpinannya dengan praktik berkelanjutan yaitu inisiatif yg menolong kita buat mencapai target ekonomi nasional,” kata Somkid Jatusripitak.

Sementara itu, CEO Mitsubishi Motors Corporation juga mengatakan rasa terima kasihnya atas dukungan dan kerja sama dari pemerintah Thailand.

“Kami terus percaya mulai potensi pertumbuhan pasar domestik Thailand. Kebijakan jangka panjang pemerintah Thailand bagi pertumbuhan industry otomotif juga yaitu pertanda baik bagi bisnis kami,” ucap Osamu Masuko.

Fasilitas produksi Mitsubishi Motors Thailand di Laem Chabang yaitu yg terbesar selain di Jepang, dimana pabrik tersebut dapat memproduksi 424, ribu kendaraan setiap tahunnya dengan tujuan ekspor lebih dari 120 negara. Hasil produksinya menunjang pertumbuhan perusahaan di wilayah ASEAN dan juga internasional.

“Kami mulai selalu merintis segmen dan teknologi baru. Kami mulai berinovasi dan meningkatkan teknologi keras dan lunak menjadi paket yg human-centric, dan memberikan fleksibilitas, meningkatkan kepercayaan diri dan fungsionalitas. Ini yg membentuk dasar dari tagline global kita ‘Drive your Ambition’ dan ini yaitu komitmen kita buat konsumen,” papar Morikazu Chokki, Presiden dan CEO Mitsubishi Motors (Thailand) Co Ltd.

Mitsubishi Motors akan beroperasi di Thailand pada tahun 1961 dan pertama kali mencapai jumlah produksi 1 juta unit pada tahun 2003.

Jumlah produksi 2 juta unit berhasil dicapai pada tahun 2010 dan cuma dalam waktu tiga tahun, Mitsubishi Motors Thailand mencapai 3 juta unit di tahun 2013.

Seiring bertambahnya permintaan, Mitsubishi Motors Thailand mencapai jumlah produksi 4 juta unit di tahun 2015.

Dari 5 juta unit kendaraan, 3,7 juta di antaranya diekspor ke lebih dari 120 negara di segala dunia. Di tahun 2016, Mitsubishi Motors Thailand merayakan jumlah ekspor kendaraannya yg mencapai 3 juta unit.

Saat ini, Mitsubishi Motors Thailand mengoperasikan tiga pabrik di Laem Chabang. Pabrik pertama dibuka pada tahun 1992, dan yg kedua pada tahun 1996, yg terakhir fokus dalam memproduksi truk pikap dengan kapasistas satu ton.

Produk tersebut tergabung dalam ‘Thailand Product Champion’ yg pertama, bagi mendorong dan memutuskan Thailand sebagai pusat produksi dan basis ekspor bagi truk pikap.

Di tahun 2007, Mitsubishi Motors Thailand tergabung dalam “Thailand Product Champion” yg kedua atau Eco Car Project dan menginvestasikannya di pabrik mobil ke tiga, yg akan memproduksi eco cars di tahun 2012.

Mitsubishi Motors Thailand juga memiliki pabrik powertrain yang memproduksi mesin bagi pasar domestik dan juga ekspor.

Kini Mitsubishi Motors Thailand tercatat memiliki lebih dari 6.650 karyawan. Untuk meningkatkan operasi dan pengaruh perannya di Mitsubishi Motors Group, mereka juga memiliki fasilitas buat global parts logistics, proving ground, dan akademi edukasi yg baru.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin