Pameran Otomotif GIIAS Kembali Hadir Di Surabaya

Surabaya – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mulai melanjutkan keberhasilan pelaksanaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) buat tahun ini di Surabaya.

Untuk gelaran tahun ini, GIIAS Surabaya Auto Show 2017 mulai kembali dihelat di Grand City Convex Surabaya pada pada 20-24 September mendatang.

“Rangkaian GIIAS dibuka di Makassar bulan Mei yg lalu, dilanjutkan di ICE BSD Tangerang, dan kini kalian mulai kembali membawa GIIAS ke Surabaya. Kami berharap pameran ini mampu mendongkrak pertumbuhan industri di Jawa Timur, khususnya Surabaya,” kata Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal GAIKINDO, ketika konferesi pers GIIAS Surabaya Auto Show 2017 di Garden Palace Hotel, Surabaya, Kamis (14/9/2017).

Gelaran GIIAS 2017 di ICE BSD yg sudah sukses diselenggarakan pada 10-20 Agustus 2017 dipercaya menjadi salah sesuatu faktor yg memberikan kontribusi positif bagi mendongkrak industri otomotif nasional. Dalam pameran tersebut sebanyak 32 merek kendaraan bermotor anggota GAIKINDO.

GIIAS 2017 mejadi tempat peluncuran tiga world premier atau peluncuran perdana di dunia, dan 47 model kendaraan terbaru juga ditampilkan para peserta pameran. Demikian juga dengan GIIAS Surabaya Auto Show 2017, ajang ini juga mulai menghadirkan sebagian besar dari mobil-mobil baru tersebut.

Berdasarkan data GAIKINDO, penjualan kendaraan bermotor sepanjang Januari-Juli 2017 mencapai 533.570 unit. Angka tersebut lebih tinggi 0,3 persen dibandingkan periode yg sama tahun lalu.

Begitu pula dengan penjualan mobil di Jawa Timur yg mengalami sedikit peningkatan. Meski kinerja penjualan mobil di Jawa Timur selama semester I/2017 mencapai 64.000 unit, tumbuh 2,7 persen dibanding periode yg sama tahun lalu, GAIKINDO optimistis mulai terjadi peningkatan penjualan pada semester II. Hal ini ditandai dengan turunnya anggaran pemerintah bagi proyek-proyek infrastruktur, sehingga ekonomi mulai bergerak.

Kukuh juga menjelaskan, pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor sampai ketika ini konsentrasinya masih di Jawa. Namun, yg menarik adalah adanya tren penjualan domestik kendaraan bermotor sudah bergeser ke provinsi-provinsi berkembang, tak lagi terkonsentrasi di DKI Jakarta. Salah sesuatu penyebabnya adalah pembatasan kendaraan bermotor baik roda empat dan roda beberapa di jalan-jalan protokol di Jakarta.

Menurut dia, jumlah penjualan mobil di Jawa Barat mencapai 207.000 unit di tahun lalu. Sedangkan DKI Jakarta mencapai 203.000 unit disusul dua provinsi yang lain di Pulau Jawa.

“Hingga semester I tahun ini, Jawa Timur masih menduduki peringkat ketiga penjualan otomotif secara nasional. Terjadi kenaikan penjualan sebesar 68 persen. Adanya GIIAS Surabaya mulai selalu memantapkan posisi Jawa Timur tersebut,” ungkap Kukuh.

Presiden Direktur Amara Group Andy Wismarsyah menyebutkan bahwa GIIAS Surabaya 2017 memiliki keterkaitan dengan beberapa pameran GIIAS sebelumnya di tahun ini.

“Harapan kalian kesuksesan GIIAS Makassar disusul dengan GIIAS 2017 di ICE BSD juga mulai menular ke GIIAS Surabaya. Pameran GIIAS Surabaya Auto Show 2017 mulai merepresentasikan pameran otomotif terbesar di Indonesia, yg sudah diakui oleh dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andy berharap kerja sama sinergis antara Amara Group melalui One Event dan GAIKINDO dapat berjalan baik hingga perhelatan GIIAS Surabaya 2017 yg mulai dimulai sepekan mendatang.

Hingga ketika ini, One Event sudah merampungkan segala persiapan non teknis dan bersiap buat menyulap kembali Grand City Convex Surabaya menjadi arena pameran yg menarik.

Sementara itu, Yusuf Karim Ungsi, Direktur One Event selaku organizer dari rangkaian GIIAS 2017 mengungkapkan bahwa dengan konsep baru ‘First Class Auto Show’, tahun ini GIIAS Surabaya Auto Show 2017 mulai memberikan pengalaman terbaik untuk pecinta otomotif di Surabaya.

“GIIAS Surabaya Auto Show 2017 menghadirkan sejumlah brand unggulan yg turut meramaikan pameran kali ini. Masyarakat mulai dipuaskan dengan hadirnya brand-brand terbaik dari Agen Pemegang Merek (APM) dengan kategori Passenger Cars, dan Commercial Cars,” katanya.

Tahun lalu, GIIAS Surabaya mengusung tema Autovaganza, kini tema tersebut berubah menjadi First Class Auto Show. Dari sisi peserta pameran, ada penambahan jumlah brand pendukung menjadi 20, sedangkan tahun dahulu 15 brand. Ada gathering di area outdoor yg temanya berbeda setiap hari (GIIAS Camping Ground, Ladies Night, Classic Night, Modification Sport, Konvoi All Communites) sehingga membuat pameran ini mulai kian semarak.

“Kita tinggal menghitung hari bagi menggelar GIIAS Surabaya 2017. Sejauh ini seluruh persiapan yg dikerjakan telah berjalan lancar, tinggal eksekusinya saja. Sebelum event berlangsung, kalian dan GAIKINDO sudah menggelar aktivitas CSR seperti GIIAS EduCare dan aksi donor darah, sebagai rangkaian acara yg terus ada di GIIAS Surabaya 2017,” papar Yusuf.

GIIAS Surabaya digelar di Grand City Convex Surabaya dengan total luas area pameran mencapai 8.038 m dan area parkir 40.000 m2 dengan dukungan dari 13 merek APM anggota GAIKINDO, yg terdiri atas 12 merek passenger car BMW, Daihatsu, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Renault, Suzuki,Toyota, Wuling, dan 1 merek Commercial Vehicle Mitsubishi FUSO, serta kegiatan-kegiatan yg menarik seperti Workshop Otomotif NMAA, Audio Battle Community, Test Drive, serta berbagai kegiatan yg bersifat sosial seperti EduCare, Student Day, Pavilion IKM Otomotif Jawa Timur, dan Bantuan Sertifikasi SMK 3 Boyolangu Tulungagung.

GIIAS Surabaya Auto Show 2017 yaitu rangkaian ketiga kegiatan GIIAS 2017 setelah GIIAS Makassar Auto Show 2017 yg berlangsung tanggal 10-14 Mei dan diikuti dengan GIIAS ICE BSD tanggal 10-20 Agustus, dan mulai ditutup dengan GIIAS Medan Auto Show 2017 pada 22-26 November.

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai GIIAS Surabaya Auto Show 2017, segera saja sambangi tautan berikut ini.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin