Pasar Otomotif Terbesar, China Akan Lewati AS

Tokyo – Nissan memprediksi China mulai melewati AS sebagai pasar otomotif terbesar dunia pada 2022 mendatang.

Pasar mobil AS mencatat penjualan yg tinggi pada tahun 2016 kendati mengalami perlambatan pertumbuhan setelah periode itu. Nissan pun berencana menghabiskan beberapa tahun ke depan dengan meningkatkan keuntungan sambil mengalihkan fokus ke China karena penjualan yg selalu meningkat.

“Kami menempatkan fokus yg kuat pada peningkatan penjualan di China sekitar 1 juta unit pada tahun 2022,” kata CEO Nissan Hiroko Saikawa kepada Reuters setelah produsen mobil yang berasal Jepang tersebut memangkas perkiraan laba operasi setahun penuh akibat perlambatan di AS.

“Akan sulit menjual kendaraan dengan jumlah yg sama di AS sejak ketika itu,” sambung dia.

Dengan tingkat pertumbuhan sebesar 3 persen tahun ini, pasar mobil China melambat setelah bertahun-tahun mengalami penguatan berkat dukungan pemerintah terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Namun, prospek penjualan di China masih lebih cerah ketimbang penjualan di AS yg diprediksi turun 2 persen tahun ini.

Awal minggu ini, Nissan bersama mitranya di China, Dongfeng Motor, berencana meningkatkan penjualan tahunan menjadi 2,6 juta kendaraan pada tahun 2022 dari 1,5 juta pada tahun lalu.

Nissan memperkirakan penjualan kendaraan di China — yg masih menempati urutan kedua dengan kontribusi 27 persen dalam pasar otomotif global — mulai meningkat 12 persen di tahun ini.

Sedangkan AS yg menyumbang 29 persen dari penjualan kendaraan global diperkirakan cuma mulai naik tipis 1,2 persen, demikian laporan Reuters.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin