Permintaan Mobil Diesel Menurun Di Jerman

Berlin – Permintaan mobil bermesin diesel mengalami penurunan di Jerman meskipun keberadaan kendaraan baru secara keseluruhan melonjak pada Januari 2018.

Sebanyak 269.400 mobil baru sudah terdaftar di Jerman pada bulan dahulu atau meningkat 12 persen dari periode yg sama di tahun lalu, demikian menurut federasi industri otomotif Jerman, Verband der Deutschen Automobilindustrie (VDA), seperti yg dilansir AFP.

Pendaftaran baru mobil buatan asing justru tumbuh lebih cepat dari keseluruhan pasar, naik 19 persen menjadi 79.900 unit dan atau hampir sepertiga dari total 269.400 mobil baru.

Namun, terjadi penurunan pada kendaraan bermesin diesel yg tercatat memiliki 33 persen dari total kendaraam baru, atau anjlok 45 persen dari tahun sebelumnya.

Penurunan permintaan kendaraan diesel berkaitan dengan skandal manipulasi emisi Volkswagen pada September 2015 yg terdampak pada jutaan mobil di segala dunia.

Sejumlah kota di Jerman bahkan melarang mobil penggunaan mobil diesel yg berdampak pada harga jual kendaraan yg selalu menurun.

Masalah kembali muncul pada Januari 2018 ketika pabrikan otomotif Jerman Volkswagen, Daimler dan BMW diduga ikut mendanai sebuah eksperimen yg memakai monyet sebagai bahan percobaan emisi diesel di AS dan Jerman.

Politisi Berlin dan Brussels terkejut atas laporan tersebut, namun dampak dari hal itu mulai dirasakan pabrikan pada penjualan di bulan Februari.

Sekitar 52 persen orang Jerman menyampaikan ‘kehilangan kepercayaan’ pada industri otomotif dalam jajak pendapat yg diterbitkan televisi publik ARD pada Jumat (2/2/2018). Sebanyak 73 persen menyampaikan pemangku kepentingan bersikap terlalu lunak pada industri yg menjadi sektor vital di Jerman itu. [tar]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin