Presiden Jokowi Resmi Buka IIMS 2018

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo resmi membuka ajang pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Dalam sambutannya, Jokowi menyoroti soal era mobil listrik yg perlu dipersiapkan. Menurut dia, tema yg dipilih dalam IIMS kali ini –Your Infinite Automotive Experience– memiliki komitmen bagi mendukung mobil listrik.

“Dari sini industri 4.0 telah menjamah ke sektor otomotif juga. Diterapkannya Industri 4.0 tentu mulai berdampak pada banyaknya robot-robot yg mulai menjadi andalan manufaktur. Komponen otomotif dalam sebuah mobil listrik cuma per 10 dari mobil biasa yg ketika ini kalian pakai. Artinya saat segala berubah ke mobil listrik, industri otomotif mulai menciut 90 persen,” kata Jokowi.

Dia menyebut mobil listrik milik mesin yg sederhana. Sehingga sektor industri pendukung seperti bengkel-bengkel perlu mempersiapkan diri. Mobil listrik pun, menurut Jokowi, mulai mengubah cara jual-beli kendaraan.

“Saya dapet info juga, kalau perusahaan mobil BMW sedang mengembangkan sebuah sistem dengan membayar abodemen bulanan. Jadi enggak usah beli mobil BMW, kalo abodemen itu bayar dapat pakai mobil BMW kapan saja dan di mana saja,” kata Jokowi.

Sehingga, dia yakin masuknya era Industri 4.0 mulai melonjak buat sektor otomotif dan memberikan dua dampak bertambah dan berkurang.

“Definisi yg namanya mobil pasti mulai berkembang dan selalu berkembang. Kayak sekarang ada mobil yg namanya otonomos yg mampu menyetir sendiri. Itu namanya transisi. PR kalian bagi Industri otomotif ini kami harus cekatan dan lincah buat mengikuti,” ujarnya.

“Saya percaya dengan sumber daya yg kalian milik kami mampu lebih maju walaupun ada prediksi-prediksi yg menyampaikan bila dengan adanya industri 4.0 dapat membuat menciut industri otomotif, aku enggak percaya,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto yg turut memberikan sambutan mengungkap produksi roda empat tahun 2017 mencapai 1,2 juta unit dengan capaian ekspor 231 ribu unit. Ekspor dalam bentuk komponen naik 13 kali di 2017 dengan 71 juta komponen.

Ditargetkan, angka produksi mencapai 1,5 juta unit 2020 dan mendorong adanya kebijakan fiskal agar ekspor meningkat terutama buat macam sedan.

Selain itu, dia pun berharap 25 persen kendaraan yg beredar di Indonesia pada tahun 2025 telah berbasis listrik.

IIMS 2018 mulai berlangsung selama 11 hari, akan 19 April hingga 29 April 2018. Edisi tahun ini, pameran otomotif yg digelar oleh Dyandra Promosindo itu didukung tidak kurang dari 18 Agen Pemegang Merek (APM) roda empat, akan dari brand Jepang, China, hingga Eropa.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sejumlah merek sepeda motor juga ikut ambil bagian, yakni Aprilia, Astra Honda Motor, BMW Motorrad, Benelli, Gas Gas, Harley-Davidson, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Motoguzzi, Piaggio-Vespa, Roya Enfield, Suzuki, dan Triumph.

Selain itu, partisipasi tiga Importir Umum (IU), yani yakni Glamour, Ivan`s Motor, dan Prestige, juga bersiap membuat pameran IIMS 2018 menarik dengan menghadirkan supercar dan mobil-mobil eksotis seperti Bugatti Veyron, Lamborghini 729 Desfort Roadster Anniversario, McLaren 570s Spider, Aston Martin DB11, dan Tesla Model S.

Untuk tahun ini, penyelenggara IIMS menargetkan 525 ribu pengunjung, dengan nilai transaksi mencapai Rp3,3 triliun.

IIMS 2018 digelar setiap hari akan pukul 11.00 hingga 21.00 WIB pada hari kerja dan 10.00 hingga 21.00 WIB pada akhir pekan.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin