Produksi Accord, Honda Investasi Rp3,5 Triliun

Detroit – Honda Motor Co Ltd menyampaikan bahwa mereka sudah menginvestasikan dana sebesar US$267 juta atau sekitar Rp3,5 triliun dan mulai tidak mengurangi 300 lowongan kerja baru bagi mendukung peningkatan produksi model sedan Accord 2018 di pabrik yg berlokasi di Marysville, Ohio, AS.

Honda launching Accord generasi terbaru pada Juli, satu dari empat sedan menengah yg dirancang ulang sehingga Honda mampu bersaing memenangkan pangsa pasar ketika para pesaing mereka menggeser fokusnya ke SUV, crossover, dan truk pikap.

Seperti All-new Camry punya Toyota Motor Corp, Accord model terbaru ini mengusung tenaga lebih kuat, teknologi keselamatan canggih, dan bahan bakar ekonomis.

Investasi Honda di Ohio terdiri dari US$220 juta buat pabrik Marysville, termasuk departemen pengelasan baru senilai US$165 juta dengan 342 robot.

Raksasa otomotif yang berasal Jepang itu juga menginvestasikan US$47 juta di pabrik mesin di Anna, Ohio, bagi memproduksi mesin turbocharged Accord.

Pabrik Marysville juga memproduksi model Acura TLX, sedan mewah berukuran menengah, dan Acura ILX, sedan kompak mewah.

Dengan investasi baru, pabrik tersebut mulai memiliki kapasitas produksi 440 ribu kendaraan per tahun dan mampu tidak mengurangi volume buat Accord seandainya diperlukan, kata Steve Rodriguez, pimpinan manufaktur Honda buat Accord, seperti dilansir Reuters.

Pengumuman Honda ini muncul setelah Toyota yg bulan dulu menyampaikan mulai mengambil 5 persen saham Mazda Motor Corp sebagai bagian dari aliansi yg mulai mencakup pabrik perakitan di AS senilai US$1,6 miliar dan kolaborasi merancang kendaraan listrik.

Pabrik tersebut menjadi sebuah kejutan untuk para investor di tengah penjualan kendaraan baru di AS melemah. Pabrik itu juga bertentangan dengan kebijakan General Motors Co dan Ford Motor Co.

Menghadapi penjualan sedan yg menurun, GM sudah meniadakan shift ketiga di beberapa pabriknya. Sementara Ford mulai memindahkan produksi sedan Focus terbaru dari Meksiko ke China buat menghemat biaya US$500 juta. Mereka juga mengumumkan pada Mei sudah memberhentikan lebih dari 1.000 pekerja.

Penjualan mobil penumpang selalu menurun sejak 2012 ketika menguasai 51,2 persen pasar AS. Sedan merosot menjadi 38,1 persen pada paruh pertama tahun ini, demikian laporan Reuters.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin