Strategi Suzuki Marine Perluas Pasar Outboard

Tangerang – Selain menaungi produksi dan pemasaran kendaraan roda dua dan roda empat Suzuki, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga memasarkan outboard motor yg lebih dikenal sebagai Suzuki Marine.

Mengingat Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan dua per tiga wilayahnya terdiri atas lautan, oleh karena itu Suzuki Marine berupaya memenuhi kebutuhan mesin kapal di Indonesia yg memiliki potensi pasar sangat besar.

Deputy General Manager Sales & Marketing Suzuki Marine PT SIS Gunardi Prakosa menyebut bahwa Suzuki Marine memiliki potensi tinggi bagi berkontribusi terhadap perkembangan industri maritim di Indonesia, terutama di bidang pariwisata dan perikanan yg menjadi lahan subur buat pasar outboard motor.

“Guna mencapai tujuan tersebut, kalian memegang teguh konsep geki yg menggambarkan gairah dan komitmen Suzuki buat selalu melakukan inovasi yg lebih mutakhir terhadap Suzuki Marine di pasar Indonesia,” ujarnya di sela-sela gelaran pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE-BSD City, Tangerang, Banten.

Saat ini, menurut Gunardi, produk-produk Suzuki Marine yg sudah beredar di Indonesia sudah digunakan dalam kelangsungan beberapa industri, di antaranya perikanan, transportasi air, pariwisata, leisure, dan pemerintahan.

Oleh karena itu, beberapa waktu dulu Suzuki berpartisipasi dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2018 guna memperluas cakupan pasar outboard motor di Indonesia. Keikutsertaan Suzuki dalam pameran tersebut mendapat respon yg sangat baik dari masyarakat maupun pemerintah terhadap teknologi mesin Suzuki Marine.

Di GIIAS 2018, Suzuki Marine menghadirkan mesin DF325A terbaru yg diluncurkan pada Maret lalu, dengan penyempurnaan mesin 4-tak, sehingga mampu menyeimbangkan daya dan tekanan dengan sangat baik, efisiensi bahan bakar serta disertai desain stylish dan ringan.

Selain itu, guna menunjang penjualan, Suzuki mengembangkan jaringan melalui diler dan juga kerja sama dengan berbagai bengkel mitra.

“Saat ini, Suzuki Marine sudah memiliki delapan diler dan 50 jaringan bengkel mitra yg tersebar di semua wilayah Indonesia, termasuk Bali, Ternate, Padang, Jakarta, Cilacap, Surabaya, Sorong, dan Tarakan,” papar Gunardi.

Ke depannya, Suzuki berupaya bagi melakukan ekspansi ke Batam dan Ambon serta memperbanyak dan memperluas jaringan bengkel mitra Suzuki Marine di semua wilayah Indonesia, terutama di wilayah dengan potensi industri kelautan yg besar baik dari sisi pariwisata, perikanan, transportasi dan leisure, sehingga para pengguna mesin Suzuki Marine juga bisa melakukan perbaikan dengan gampang dan suku cadang terus tersedia.

Gunardi menyebut bahwa ketika ini komposisi pengguna mesin Suzuki Marine adalah 75 persen oleh nelayan, 24 persen oleh transportasi perairan, dan 1 persen oleh leisure/ pariwisata.

“Untuk pangsa pasar masih didominasi nelayan, namun bagi sektor transportasi dan leisure kita melihat ada pontensi besar, seiring dengan program tol laut dan pariwisata yg ketika ini tengah dikembangkan pemerintah,” pungkasnya.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin