Toyota Boyong 4 Varian Kendaraan Komersial Ke JCC

Jakarta – PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama PT Sugity Creatives menghadirkan empat varian kendaraan komersial di ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, yakni Dyna Refrigerator, Hiace Luxury, Hiace Ambulance, dan Hilux Double Cabin.

Keempat varian produk tersebut mengisi booth Toyota seluas 216 m2 dengan tema Lets Go Beyond.

Pameran dengan konsep business-to-business (B2B) yg diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) ini berlangsung di Jakarta Covention Centre (JCC) pada 1-4 Maret 2018.

“Kami mendukung penyelenggaraan GIICOMVEC 2018 ini, selain buat memperlihatkan perkembangan kendaraan komersial di Indonesia sekaligus buat menjalin hubungan yg lebih erat antara Toyota dengan pelanggan, khususnya pelanggan produk komersial Toyota,” kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM, Kamis (1/3/2018).

Tak berbeda dengan kendaraan penumpang, sejalan dengan semangat Lets Go Beyond, Toyota juga melakukan penyegaran terhadap produk di segmen komersial.

Tahun lalu, Toyota launching New Dyna dalam lima line-up bagi mengisi kebutuhan pelanggan truk 2 ton di Indonesia, baik bagi transportasi, alat angkut di pertambangan dan perkebunan, maupun kendaraan ekspedisi.

Saat ini, Dyna hadir dengan total 18 varian agar konsumen mempunyai alternatif yg luas bagi memilih sesuai dengan kebutuhan usaha mereka.

Khusus pada ajang pameran yg berlangsung empat hari ini, Toyota menghadirkan Dyna Refrigerator yg dirancang buat kebutuhan mengangkut barang-barang yg memerlukan alat pendingin.

Menggunakan Dyna 110 ST 4 ban sebagai basis, karoseri Dyna Refrigerator dirancang oleh PT Sugity Creatives dengan dimensi panjang 3.100mm, lebar 1.700mm, dan tinggi 1.700mm.

Dyna 110 ST adalah truk empat ban yg diposisikan buat mengangkut beban ringan dengan Rear Over Hang yg lebih panjang bagi meningkatkan volume dan kapasitas beban lebih besar. Mobil ini memiliki dua tipe, merupakan single chamber dan dual chamber dengan separator yg mampu disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Suhu buat alat pendingin mampu disesuaikan dengan kebutuhan akan dari 5 derajat Celcius hingga yg paling dingin -25 derajat Celcius. Penggunaan Dyna 110 ST membuat Dyna Refrigerator dapat bergerak lincah di jalan-jalan perkotaan yg kecil.

Selain Dyna, tahun dahulu Toyota juga melakukan penyegaran terhadap segmen Commercial Van dengan tiga line-up-nya merupakan Hiace 2.5 Standard, Hiace 2.5 Commuter dan Hiace 2.5 Luxury.

Dalam kesempatan ini, Toyota juga menghadirkan Hiace Ambulance yg dirancang oleh CV Anugerah Karya Mandiri dengan desain ekterior dan interior yg disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan buat keperluan khusus.

Mobil ini juga dilengkapi tak kurang dari 16 peralatan medis yg mulai menolong membawa penumpang ketika memerlukan penanganan khusus. Menggunakan Hiace 2.5 Commuter sebagai basis, Hiace Ambulance dilengkapi mesin 2.494cc 2KD-FTV Turbocharged yg bisa memproduksi power 102 PS dan torsi 26.5 kgm.

Di gelaran GIICOMVEC 2018, Toyota juga membawa Hiace Luxury yg telah diperkenalkan pada pertengahan 2017. Desain eksterior kelihatan lebih mewah, dan interior kelihatan lebih lapang.

Hiace Luxury adalah Commercial Van yg dirancang bagi memberikan kenyamanan kepada penumpang dengan desain bangku baris 1 dan 2 yg memakai model captain seat dengan bahan kulit. Mobil ini juga dilengkapi folding table dengan cup holder pada kursi baris 1-2 dengan entertainment system memakai AVX 6-inch.

“New Hiace Luxury kalian luncurkan bagi memberikan pilihan kenyamanan yg lebih baik kepada pelanggan di segmen Commercial Van,” jelas Henry.

Sejak kehadirannya, Hiace dapat mendominasi kendaraan komersial di segmen Commercial Van dengan penguasaan pasar di atas 90 persen. Tahun 2017 lalu, mobil ini terjual sebanyak 2.543 unit dengan pangsa pasar 91,3 persen, naik 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya yg penjualannya tercatat 2.251 unit.

Tahun dulu Toyota juga melakukan penyegaran yg cukup signifikan terhadap Hilux. Bukan sekadar eksterior saja, engine juga sudah memakai tipe 2GD-FTV.

Mesin ini bisa mencapai power maksimum sebesar 149,6 PS atau lebih baik dibandingkan tipe sebelumnya merupakan 144 PS. Torsi maksimum 40,8 kgm juga meningkat dibandingkan sebelumnya merupakan 35 kgm. Selain itu, pemakaian bahan bakar mesin 2GD-FTV juga lebih efisien.

Dalam kesempatan kali ini, Toyota juga menghadirkan Hilux Double Cabin yg didesain khusus bagi kebutuhan di sektor pertambangan. Mobil ini memakai ban off road Bridgestone 265 R17.

Untuk menjadikan kendaraan yg andal di kawasan pertambangan, Hilux DC ini juga dilengkapi Sport Bar, Rear Steel Bumper dan Snorkel. Mobil ini juga dilengkapi dengan Front Steel Engine Cover, Pole buat Safety Flag.

“Kami berharap, semoga produk yg kita hadirkan mampu mendukung berbagai kegiatan usaha pelanggan terutama yg bergerak di sektor transportasi, pariwisata, kesehatan dan pertambangan serta bisa mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia,” pungkas Henry.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin