Usaha Patungan Bikin Pengisian Daya Listrik Cepat

Muenchen – Sejumlah produsen mobil sudah membentuk sebuah usaha patungan yg mulai membangun jaringan dan 400 stasiun pengisian kendaraan listrik cepat di Eropa pada 2020.

Reuters melaporkan, usaha patungan yg disebut IONITY itu didukung oleh BMW, Daimler, Ford Motor Co, dan Volkswagen serta melibatkan Audi dan Porsche yg yaitu bagian dari VW Group.

Kegelisahaan para pemilik mobil yg tak percaya kendaraannya mampu melaju dalam jarak jauh yaitu salah satu penghambat dalam penerapan mobil listrik di Eropa.

Dengan hadirnya Tesla, membuat pabrikan mobil lainnya bahu-membahu menciptakan usaha patungan bagi menjamin kendaraan listrik (EV) memiliki fasilitas pengisian daya cepat (High-Power Charging/HPC) yg terjangkau lokasinya.

“Jaringan HPC Eropa pertama memainkan peran utama dalam membangun pasar kendaraan listrik,” kata Michael Hajesch yg ditunjuk menjadi CEO IONITY.

Dia menyebut stasiun pengisian cepat juga mulai menawarkan kemampuan pembayaran digital.

Berkantor pusat di Muenchen, IONITY mulai membuka 20 stasiun pengisian pertamanya ke publik tahun ini di Jerman, Norwegia, dan Austria, dengan menggandeng Tank & Rast, Circle K, dan OMV.

Jaringan mulai diperluas menjadi 100 stasiun pengisian pada 2018, yg memungkinkan beberapa pengemudi dari berbagai merek mobil bagi mengisi listrik kendaraan mereka pada ketika bersamaan.

Setiap titik pengisian berkapasitas 350 kW, dan mulai memakai standar Eropa yg ada, Combined Charging System, bagi mengurangi waktu pengisian daya dibandingkan dengan sistem yg ada.

Sistem tersebut tak terikat sehingga mulai menarik minat semua pemilik mobil listrik dari berbagai merek.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin