Video Mobil Swakemudi Tabrak Pejalan Kaki

Tempe – Kepolisian Kota Tempe, Arizona, AS, merilis rekaman video dari kamera yg ada di mobil swakemudi alias tanpa supir punya Uber yg menabrak seorang pejalan kaki hingga tewas pada Minggu malam (18/3/2018) waktu setempat.

Video tersebut menampilkan detik-detik terakhir sebelum wanita bernama Elaine Herzberg (49), tertabrak mobil swakemudi Uber. Kamera juga merekam kejadian di dalam mobil, yg tampak seorang operator di kursi kemudi.

Baca juga: Mobil Swakemudi Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

Terlihat dalam rekaman video, Herzberg tiba-tiba muncul dari area gelap dahulu menyeberang jalan sambil menuntun sepedanya. Sedetik kemudian, perempuan malang itu pun tertabrak.

Polisi menyebut bahwa insiden tabrakan semacam ini sangat sulit dihindari dengan mode apa pun (baik mode tanpa supir maupun dengan supir), dilihat dari bagaimana korban tiba dari bayang-bayang tepat menuju jalan raya.

Baca juga: Toyota Hentikan Sementara Uji Coba Mobil Otonom

Pihak Tempe Police Department bersama National Transportation Safety Board (NTSB) dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) masih mempelajari video, mobil swakemudi, lokasi kecelakaan, dan data apapun yg terekam, guna melengkapi penyelidikan. Pihak Uber pun kabarnya turut bekerja sama dalam investigasi ini.

Kepolisian belum menetapkan siapa yg bersalah. Sebelumnya, seorang petugas polisi menyampaikan bahwa ada kemungkinan seandainya Uber tak bersalah, sebab sang korban menyeberang jalan sembarangan tanpa memakai jalur penyeberangan.

Tak lama setelah insiden maut itu, pihak Uber menetapkan bagi menghentikan sementara seluruh uji mencoba mobil otonom di wilayah Arizona, San Francisco, Kanada, dan lainnya.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin