VW Kembali Hadapi Gugatan Terkait Skandal Emisi

Braunschweig – Skandal emisi yg dikerjakan Volkswagen (VW) sudah merugikan perusahaan selama tiga tahun terakhir, dan itu masih belum berakhir. Terkini, sekelompok pemegang saham bersiap melawan VW di pengadilan dengan gugatan yg mampu merugikan perusahaan hingga 9 miliar euro.

Sidang gugatan tersebut telah dimulai di Braunschweig, Jerman, pada Senin dulu (10/9/2018). Gugatan itu, yg terutama dikerjakan oleh investor institusional dan dipimpin oleh Deka Investment, berpendapat bahwa VW tahu tentang skandal emisi, tapi gagal memperingatkan para pemegang saham bagi menghindari kejatuhan keuangan.

Harga saham produsen mobil yang berasal Jerman itu jatuh pada September 2015, dan selalu menurun hingga 37 persen setelah berita skandal emisi itu mencuat ke permukaan. Para pemegang saham, yg mewakili 1.670 klaim, menuntut bagi dikompensasi atas kerugian yg mereka derita.

Dunia pertama kali mengetahui bahwa VW sudah memanipulasi pengujian emisi pada 18 September 2015, saat Badan Perlindungan Lingkungan AS mengeluarkan ‘Pemberitahuan Pelanggaran’ dan mengungkap apa yg selama ini dikerjakan bertahun-tahun pada uji emisi mobil diesel.

“Volkswagen seharusnya memberi tahu pasar bahwa mereka melakukan kecurangan dan menghasilkan risiko bernilai miliaran,” ujar Andreas Tilp, pimpinan pengacara tim hukum Deka Investment, seperti dilansir Quartz.

Dalam dokumen pembelaannya, VW menyampaikan bahwa anggota dewannya tak melanggar peraturan tentang pengungkapan, dan sudah memberi keterangan yg cukup kepada pemegang saham berdasarkan apa yg diketahui dewan pada ketika itu.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin