Xpander Raih Gelar FORWOT Car Of The Year 2018

Jakarta – Setelah melewati proses penjurian yg cukup ketat, akhirnya Mitsubishi Xpander terpilih sebagai mobil terbaik tahun 2018 versi jurnalis otomotif Indonesia.

Menyisihkan empat pesaingnya, kendaraan LMPV andalan Mitsubishi itu berhasil menyabet FORWOT Car of the Year 2018. Gelar tersebut yaitu penghargaan tertinggi yg dianugerahkan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kepada mobil terbaik di tahun ini.

Mitsubishi Xpander sukses mengalahkan empat finalis terbaik yang lain sebagai lawan beratnya, yakni All New Suzuki Eriga, All New Toyota Rush, Wuling Cortez, dan DFSK Glory 580.

Dewan juri yg terdiri dari 33 orang jurnalis yg sudah lama meliput industri otomotif di Tanah Air menempatkan Mitsubishi Xpander di posisi pertama dengan raihan nilai 216 poin, unggul cukup jauh dari All New Suzuki Ertiga (160 poin), Wuling Cortez (160 poin), All New Toyota Rush (141 poin), dan DFSK Glory 580 (133 poin).

Hasil ini memamerkan seandainya segmen MPV kembali menjadi pilihan para jurnalis otomotif sebagai mobil terbaik. Sebelumnya, tiga tahun berturut-turut gelar juara terus diraih mobil macam SUV (Honda HR-V di 2015, Mitsubishi Pajero Sport di 2016, dan All New CR-V Turbo di 2017).

Pada penyelenggaraan tahun ini, FORWOT sudah menyaring 23 mobil yg benar-benar baru (bukan minor change, major change, atau penambahan varian) yg diluncurkan dan dipasarkan oleh Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018.

Jumlah tersebut menurun dibandingkan peserta tahun 2017 (32 mobil) dan tahun 2016 (28 mobil).

Ketua Umum FORWOT Indra Prabowo menyebutkan, proses penjurian masih tetap mengacu pada ‘Car of the Year’ dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yg dipakai bagi pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun sudah disesuaikan dengan keadaan pasar otomotif di Indonesia.

“Ada 33 juri dari jurnalis otomotif di Indonesia yg dilibatkan buat proses pemilihan FORWOT Car of the Year 2018. Para juri memilih mobil terbaik dengan cara polling dan penilaian scoring yang ketat,” kata Indra, di sela-sela penyerahan gelar FORWOT Car of the Year 2018, di Bands Cafe & Resto, Kemayoran, Jakarta, Jumat sore (28/9/2018).

Adapun kriteria penjurian meliputi aspek-aspek akan dari desain, comfort (kenyamanan), safety (keamanan), economy, handling, performance, functionality, environmental requirement, driver satisfaction, dan price (harga).

Selain itu, tentu saja preferensi yg tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain.

Indra berharap, ajang FORWOT Car of the Year yg sudah memasuki tahun kedelapan ini bisa memberikan sumbangsih kepada para pelaku industri otomotif nasional sekaligus menjadi panduan buat segenap konsumen otomotif di Tanah Air.

“Kami ucapkan selamat pada pemenang, dan kita berharap hasil ini mampu menjadi motivasi buat para Agen Pemegang Merek (APM) buat selalu melakukan inovasi dan memberikan produk terbaik ke konsumen. Tak lupa kita juga mengucapkan terima kasih kepada GT Radial, Federal Lubricants, Garda Oto, Adira Finance, dan Adira Insurance yg telah mendukung terlaksananya kegiatan ini,” ujar Raju Febrian, Ketua Dewan Juri FORWOT Car of the Year 2018.

Dia pun menjamin penjurian FORWOT Car of The Year 2018 dikerjakan secara jujur, adil, dan independen tanpa ada pengaruh dari pihak-pihak tertentu.

[ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin