15 Ribu IPhone Diselundupkan Pakai Drone

Beijing – Sekelompok warga China memanfaatkan drone untuk menyelundupkan belasan ribu unit iPhone melintasi perbatasan. Sialnya, aksi mereka itu diketahui oleh pihak berwajib.

Reuters melaporkan, jumlah iPhone selundupan yg berhasil disita oleh pihak Bea Cukai China mencapai 15.000 unit, yg nilainya ditaksir mencapai US$79 juta atau sekitar Rp1,09 triliun.

Para pelaku penyelundup yg berjumlah 26 orang ini memakai drone buat menerbangkan dua kabel sepanjang 200 meter di perbatasan guna mengirim sejumlah iPhone rekondisi ilegal.

Melancarkan aksinya pada tengah malam, mereka memakai tas-tas kecil yg berisi lebih dari 10 iPhone di setiap tasnya. Tas-tas ini kemudian dikirim lewat kabel yg sudah dibentang oleh drone tadi.

“Ini adalah perkara pertama yg ditemukan di China bahwa drone digunakan buat kejahatan penyelundupan lintas batas,” ungkap pihak kepolisian setempat.

Dari hasil penyelidikan petugas, para pelaku menerbangkan kabel sepanjang 200 meter ini di atas sungai Shenzhen sampai ke seberang yg telah masuk wilayah Hong Kong. Mereka mengirimkan sebanyak kurang lebih 15.000 unit iPhone dengan membaginya dalam tas-tas kecil.

Petugas bea cukai di Shenzhen menyampaikan bahwa pihaknya mulai selalu memantau modus penyelundupan baru yg memanfaatkan teknologi ini. Mereka juga menegaskan mulai melengkapi diri dengan peralatan yg lebih canggih bagi menghindari kejadian serupa terulang di masa mendatang.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin